Apa Yang Diperlukan Sebelum Membangun Rumah?


Rumah merupakan kebutuhan pokok setiap manusia. Kebutuhan rumah tidak akan terhenti selama masih ada anak manusia yang terlahir di dunia ini. Kebutuhan akan sebuah rumah tinggal ketika 2 insan mulai memisahkan diri dari kehidupan keluarga dan mulai membangun hidup baru, maka disaat itulah diperlukan sebuah rumah untuk membangun kehidupan baru.

Untuk memenuhi kebutuhan rumah tentunya dengan cara membangun baru. Pembangunan rumah baru bisa dilakukan oleh para pengembang yang melakukan bisnis properti bidang pemukiman, atau dilakukan sendiri oleh masyarakat secara individu yang memerlukan.

Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum membangun sebuah rumah:

  1. Rencanakan sebuah rumah sesuai kebutuhan;
  2. Tuangkan rencana tersebut ke dalam gambar perencanaan;
  3. Tuangkan bahan yang akan digunakan ke dalam RAB;
  4. Pilih cara pelaksanaan pembangunan : Sistem harian atau Kerja Borongan;
  5. Jika pilih Harian, rekrut pekerja bangunan yang berpengalaman dan tugaskan seorang mandor yang berpengalaman dan perankan sebagai pengewas pekerja sekaligus pelaksana;
  6. Jika pilih kerja borongan, pilih pihak ke tiga yang berpengalaman dan bisa dopercaya, lengkapi dokumen-dokumen kerja, diantaranya kontrak kerja.

Hal-hal tersebut sangat penting dan diperlukan sebelum kita memulai melaksanakan membangun sebuah rumah. Jangan sampai melakukan pembangunan rumah tanpa perencanaan yang matang, sebab nantinya Anda akan menyesal. Ingat, rumah adalah merupakan istana bagi penghuninya dan akan dihuni selamanya.




 

www.softwarerab.com