Tips Membangun Rumah Tinggal


By Endang Kusman : 7 Mei 2014

Selain gambar perencanaan, RAB yang Anda buat dengan benar menggunakan Software RAB dapat dijadikan pedoman untuk pelaksanaan pembangunan Rumah Anda, terutama untuk sistem pelaksanaan pekerjaan pembangunannya.

Sistem pelaksanaan pembangunan dapat dilakukan dengan berbagai cara , diantaranya sebagai berikut :

1. Sistem Kerja Borongan : (1). Kerja borongan bahan dan upah; (2) Sistem Borongan Tenaga
2. Sistem Kerja Harian.

Yang Anda harapkan dari hasil pekerjaan adalah biaya hemat, serta kualitas bangunan sesuai dengan perencanaan. Salah satu dari kedua sistem di atas bisa Anda terapkan untuk pelaksanaan membangun rumah Anda, namun Anda harus mempertimbangkan beberapa hal sbb:

Sistem Kerja Borongan

Dengan sistem ini hasilnya akan memuaskan apabila : sistem penunjukannya tepat, pengawasannya cermat, sistem kontrak kerjanya jelas, hak dan kewajiban masing-masing pihak diatur dalam kontrak kerja yang memiliki kekuatan hukum, dst.

Jadi, membangun dengan sistem kerja borongan jangan hanya karena kenal baik dengan pemborong, karena percaya begitu saja, karena saudara.. sebab kalau ada masalah yang merugikan Anda, maka Anda sendiri yang akan menyesal.. sebab tidak akan bisa diproses secara hukum. Misalkan pekerjaan ditinggal pergi pemborong, hasilnya sangat tidak memuaskan, dsb.

Sistem Kerja Harian

Sistem kerja harian tidak memerlukan dokumen yang lengkap dan tidak memerlukan kontrak kerja, sangat simple. Anda cukup menunjuk seorang pengawas pekerjaan yang berpengalaman melaksanakan pembangunan rumah tinggal. Kakau nilai bangunan hanya ratusan juta rupiah, keuangannya bisa Anda kelola sendiri, atau minta bantuan saudara yang bisa dipercaya.
Dengan cara sistem kerja harian, biaya bisa dihemat asal cermat dalam merekrut tenaga kerja bangunan, cari tenaga yang berpengalaman. Untuk bahan material Anda bisa mencari sendiri dan menawarnya sehingga harga bisa lebih murah.




 

www.softwarerab.com