Tentang Software RAB


Software RAB adalah alat bantu untuk menghitung Rencana Anggaran biaya Bangunan (RAB) rumah sederhana. Pada awalnya saya membuat Software RAB ini untuk mempercepat pembuatan Rab Rumah ketika saya masih aktif menerima order pekerjaan borongan rehab/renovasi/membangun rumah tinggal di lingkungan perumahan.

Persyaratan dasar untuk dapat menggunakan Software RAB

  1. Sudah familiar menggunakan MS-EXCEL
  2. Sedikit mengenal dan dapat membaca gambar bangunan
  3. Dapat menghitung Luas /Volume Satuan Pekerjaan Bangunan seperti : Luas lantai, luas dinding, luas plapond, volume pondasi, dst. menggunakan rumus matematika dasar.

Cara menggunakan/mengoperasikan Software RAB

  1. Memasukan/input data volume pekerjaan pada tabel edit volume yang sudah dihitung berdasarkan gambar.
  2. Edit harga satuan material dan upah kerja sesuai harga setempat.

Setelah selesai input data, maka RAB Rumah Anda sudah langsung jadi secara otomatis. Selain RAB, Software RAB menghasilkan output daftar kebutuhan bahan bangunan yang diperlukan, dan itu merupakan kelebihan Software RAB yang saya buat. Daftar kebutuhan bahan bagunan tidak akan didapatkan bila membuat RAB rumah dengan cara manual.

Dasar untuk menghitung volume pekerjaan, tentunya harus berdasarkan gambar desain/rencana rumah Anda yang dilengkapi ukuran-ukuran yang benar.

Akurasi yang dihasilkan Software RAB sangat tergantung kepada input volume satuan pekerjaan dan input harga satuan bahan dan upah yang dilakukan oleh pengguna Software RAB.