Tata Cara Mempergunakan Software RAB


by Endang Kusman - 17 November 2014

Sebagaimana telah dijelaskan bahwa Software RAB berupa file-file Excel yang bekerja mengotomatiskan pembuatan RAB cara manual menggunakan AHS-SNI. Jadi pada dasarnya apabila Anda sudah terbiasa membuat RAB bangunan menggunakan AHS-SNI cara manual, maka penggunaan Software RAB akan mempercepat pekerjaaan pembuatan RAB, khususnya untuk RAB rumah tinggal sederhana.

Bagi Anda yang belum terbiasa membuat RAB bangunan, atau bahkan belum mengenalnya.. memang akan memerlukan perlu waktu untuk dapat membuat RAB rumah menggunakan Software RAB, apa lagi dengan cara manual.

Software RAB terdiri dari beberapa file excel yang tersimpan dalam sebuah folder. Nama folder bias diganti-ganti dengan nama lain sesuai keinginan pengguna. Untuk memudahkan penggunaan Software RAB, Anda cukup membuka sebuah file menu.xlsx.

Cara penggunaan :

  1. Buka folder Software RAB
  2. Double klik file menu.xlsx
  3. Selanjutnya tinggal pilih menu, mulai dari Edit Harga, Edit Volume, Output RAB, dan List Material.

Edit Harga Satuan Bahan/Upah

Harga satuan bahan/upah yang tertera dalam Software RAB adalah harga berdasarkan AHS-SNI Bogor, yang tentunya tidk akan sama dengan kota lain. Harga AHS-SNI adalah harga versi kontraktor yang sudah ditambah pajak+keuntungan. Oleh karena itu, apabila Anda akan menghitung RAB rumah sendiri, maka harga tersebut perlu diedit dengan harga riil sesuai harga di tempat Anda (harga di toko material terdekat).

Khusus untuk harga standard upah kerja, standard AHS-SNI lebih rendah dari upah kerja di lapangan (pasaran). Perbedaannya antara 10 s/d 15%, tapi pemborong dalam membayarkan upah tetap sesuai harga pasar, melebihi harga upah AHS-SNI. Itu sebenarnya tidak membuat rugi pemborong, sebab dalam analisa tenaga kerja masih ada markup.. sehingga tidak akan merugikan pemborong. Dalam hal edi upah kerja, sebaiknya Anda memasukan harga tukan/pekerja lebih kecil dari harga pasar (10 s/d 15%). Sebagai contoh, jika di lingkungan Anda upah tukang bangunan rp. 100 ribu per hari, maka Anda memasukan ke Software RAB 85.000 atau 90.000,- tapi dalam membayarkannya tetap rp 100.000. Kalau tidak begitu maka nilai RAB yang dihasilkan akan terlampau tinggi.

Edit Volume Pekerjaan

Angka-angka volume yang tercantum adalah volume pekerjaan sesuai gambar Bonus 1 yang diberikan kepada setiap pembeli. Volume pekerjaan tersebut harus Anda ganti dengan volume pekerjaan sesuai gambar rumah Anda. Dalam menghitung volume pekerjaan harus cermat dan teliti, sebab kalau salah dalam menghitung volume pekerjaan akibatnya sangat fatal, nilai RAB yang dihasilkan Software RAB menjadi tidak valid. Cara menghitung volume pekerjaan bisa Anda lihat di sini..

Output RAB

Output RAB adalah format RAB berupa tabel. Format RAB yang saya seting adalah format RAB standard dengan uraian pekerjaan yang standard. Apabila pengguna ingin menambahkan atau membuang pekerjaan agar sesuai keinginan, maka bisa mengeditnya dengan cara menghitung pekerjaan yang belum ada dengan cara manual menggunakan AHS-SNI, dan hasilnya ditambahkan ke Output RAB. Caranya sudah saya sertakan pada sheet output RAB.

List Material

List material adalah rincianan nama-nama dan jumlah bahan bangunan yang diperlukan. List material merupakan kelebihan dari Software RAB, sebab jika Anda membuat RAB dengan cara manual tidak akan mendapatkan list material yang sudah otomatis jadi, sebab Anda harus memilah dan menghitung satu persatu dari setiap analisa pekerjaan yang terkait.

Itulah mengenai cara penggunaan Software RAB. Jadi untuk dapat menggunakan Software RAB, Anda harus :

  1. Familiar menggunakan Excel
  2. Bisa membaca gambar bangunan, untuk menghitung volume
  3. Bisa menghitung volume dan luas




 

www.softwarerab.com