Software RAB Versi Terbaru - Agustus 2015


Saya menyadari ada beberapa kekurangan dalam Software RAB versi lama 2012-2015 terutama dalam output nilai RAB yaitu adanya nilai-nilai markup pada pekerjaan-pekerjaan tertentu yang hal tersebut disebabkan oleh Analisa Harga Satuan (AHS) yang digunakan, baik dalam penggunaan tenaga kerja maupun bahan material.

gambar rumah modern 07


Dalam versi baru yang sedang saya garap nilai output RAB akan lebih mendekati nilai riil, baik dalam biaya bahan material maupun upah kerja. Software RAB versi baru benar-benar akan lebih memberikan manfaat terutama untuk Anda yang berencana akan membangun rumah sendiri yang pelaksanaannya baik dengan sistim borongan, atau sistim upah kerja harian.

Dengan mendapatkan nilai RAB yang mendekati riil, maka Anda memiliki nilai perkiraan yang lebih pasti untuk menentukan sistem pelaksanaan pekerjaan baik dengan cara sistem kerja harian maupun borongan. Dalam nilai output RAB pada Software RAB versi baru sama sekali belum termasuk upah borong, jika ada pemborong yang berani menawar harga sama atau lebih rendah dari hasil output softwarerab, itu artinya pemborong akan mengurangi kualitas bangunan menjadi lebih rendah dari kualitas yang ditentukan dalam RAB versi terbaru.

Dasar perhitungan RAB pada software RAB versi baru tetap menggunakan analisa baku (AHS), tetapi lebih disesuaikan dengan pengalaman saya yang riil di lapangan. Memang tidak dapat dipungkiri bahwa pada AHS-SNI masih terdapat markup yang berpihak kepada pemborong. Sedangkan Software RAB versi terbaru memang hanya diperuntukan bagi Anda yang akan membangun rumah sendiri atau bagi anda yang ingin bisa menghitung RAB rumah.. maka software RAB bisa dijadikan untuk sarana belajar.

Dalam software rab versi baru tidak ada lagi unsur-unsur tenaga kerja kepala tukang batu, kepala tukang listrik, kepala tukang kayu, pekerja setengah terampil, dst. Yang ada dalam software rab terbaru hanya tukang, pekerja, dan mandor. Jumlah tukang dan pekerja dalam setiap analisa yang dirasa markup dipangkas sesuai kebutuhan riil dilapangan. Jumlah material tertentu dalam analisa pekerjaan tertentu yang terlihat markup, juga dipangkas mendekati riil. Biasanya kelebihan-kelebihan yang dibuat dalam analisa tujuannya untuk cadangan kerusakan atau penyusutan dll. Tapi pemangkasan-pemangkasan yang akan dilakukan tidak akan mengurangi kualitas, misalnya dalam pekerjaan beton yang dipangkas hanya dalam penggunaan bekisting yang berlebihan.

Software RAB versi terbaru direncanakan selesai awal bulan Agustus 2015.

Silahkan tulis komentar dan masukan Anda




 

www.softwarerab.com