Software RAB Hanya untuk Estimasi Bangun Rumah Senderhana


Banyak yang bertanya pada saya melalui telpon atau email yang mempertanyakan mengenai software rab yang penggunaannya terbatas. Kebanyakan mereka yang bertanya adalah para pemborong bangunan. Seperti yang sudah dijelskan bahwa software rab saya buat hanya untuk menghitung rencana biaya membangun rumah sederhana kepunyaan sendiri, bukan untuk pekerjaan pemborongan.

gambar rumah modern 06


Di dalam software rab yang saya buat memang sudah dibatasi peggunaannya hanya untuk estimasi rumah sederhana, dimana bahan-bahan material yang dapat digunakan sudah disetting menggunakan bahan material yang umum digunakan, seperti bata merah, genting bakar, dll. Jadi bagi yang akan menghitung biaya pembangunan rumah pekerjaan borongan tentu saja tidak akan sesuai, sebab setiap owner atau pemberi pekerjaan menginginkan penggunaan material sesuai selera dan keinginan masing-masing.

Software RAB sebenarnya saya peruntukan bagi masyarakat golongan ekonomi menengah ke bawah yang ingin menghitung sendiri biaya bangunan rumah yang pelaksanaan pekerjaannya menggunakan sistem harian, atau borongan, sehingga mereka mengetahui kebutuhan biaya membangun. Hal tersebut berdasarkan pengalaman saya, kebanyakan dari mereka ketika ingin membangun rumah baik sistem harian atau borongan hanya berdasarkan estimasi perkiraan menggunakan sistem M2 yang tidak dapat dipertanggungjawabkan.

Jadi bagi Anda yang ingin menggunakan software rab sebaiknya membaca penjelasan dengan cermat, sebab software rab sudah disetting dengan bahan material tertentu yang tidak dapat diubah. Tapi walaupun begitu, secara garis besar bahwa software rab akan sangat membantu bagi Anda yang akan membangun rumah sendiri, sebab dengan menggunakan software rab Anda akan dapat mengetahui dengan pasti kebutuhan material + upah kerja pekerjaan bangunan rumah Anda.




 

www.softwarerab.com