Rencana Anggaran Biaya Bangunan (RAB)


Gbr Pondasi
Rencana Anggaran Biaya membangun atau yang lebih dikenal denga RAB merupakan salah satu dokumen yang sangat penting sebuah perencanaan pembangunan pekerjaan konstruksi, seperti pembangunan jalan, jembatan, bandara, pelabuhan, bendungan, bangunan gedung kantor instansi pemerintah atau swasta, dan bangunan rumah dan perumahan.

Khusus untuk bangunan rumah, mungkin Anda bertanya apakah perlu membuat RAB untuk membangun rumah? Jawabannya tentu saja perlu, sebab di dalam RAB kita akan mengetahui keseluruhan kebutuhan biaya membangun rumah sesuai gambar rencana rumah yang akan dibangun. Dengan mengetahui biaya tersebut, maka kita dapat melakukan sesuatu yang sangat diperlukan dalam proses membangun.

Sebelum memulai pembangunan rumah, maka yang pertama kali harus kita miliki adalah dokumen perencanaan yang diantaranya terdiri dari gambar perencanaan dan RAB. Dengan dokumen perencanaan tersebut kita akan dapat menjawab beberapa pertanyaan sbb : Seperti apa rumah yang akan kita bangun? Berapa biaya yang diperlukan? Untuk membayar apa apa biaya tersebut? Siapa yang akan mengerjakan pembangunan rumah tersebut? Bagaimana sistem pelaksanaannya apakah akan secara kerja harian atau diborongkan?

Dasar pembuatan RAB rumah adalah gambar konstruksi perencanaan rumah yang terdiri dari gambar denah, gambar tampak, gambar potongan/irisan, gambar detail/penjelasan. Dengan berdasarkan gambar-gambar tersebut kita bisa menyusun RAB rumah dengan menghitung volume pekerjaan berdasarkan ukuran-ukuran yang ada pada gambar tersebut. Yang dimaksud volume pekerjaan adalah besarnya satuan pekerjaan pada setiap pekerjaan. Pekerjaan dimaksud seperti : pekerjaan galian pondasi, pekerjaan pasangan pondasi, pekerjaan pasangan dinding, pekerjaan kayu, pekerjaan lantai dan sebagainya.

Setelah menghitung semua volume pekerjaan, maka alat hitung yang diperlukan adalah analisa harga satuan pekerjaan konstruksi yang biasa disebut AHS-SNI. AHS SNI adalah pedoman penyusunan anggaran biaya bangunan konstruksi. AHS_SNI merupakan ketentuan baku yang dikeluarkan oleh instansi pemerintah daerah. AHS SNI diperuntukan bagi masyarakat yang memerlukannya, dalam hal ini yang banyak menggunakan AHS SNI adala para konsultan perencana/pengawas konstruksi baik badan hukum maupun individu, dan para kontraktor pelaksana konstruksi, juga perorangan yang memerlukan juga dapat menggunakannya.

Analisa Harga Satuan AHS-SNI merupakan sebuah file Excel yang terdiri dari banyak sheet yang saling ngelink. Sheet-sheet tersebut berisi : analisa, harga satuan bahan,upah kerja, dll. Yang dapat menggunakan AHS haruslah memiliki dasar ilmu pengetahuan bangunan/sipil/arsitektur.

Itulah yang dapat saya sampaikan mengenai rencana anggaran biaya bangunan (RAB). Apabila Anda tidak memiliki pengetahuan arsitektur/bangunan/sipil tetapi ingin bisa membuat RAB, silahkan klik disini..




 

www.softwarerab.com