Rangka Atap Menggunakan Bahan Kayu


Diposkan : 17 Januari 2015
Oleh : Endang Kusman

Untuk bangunan-bangunan rumah di wilayah perkotaan, pekerjaan atap menggunakan rangka kayu pada saat ini sudah hampir tergeser oleh bahan material lain yaitu baja ringan. Tapi untuk rumah-rumah masyarakat di pedesaan sepertinya masih tetap bertahan menggunakan bahan kayu. Namun kayu yang mereka gunakan adalah kayu lokal, untuk kaso dan reng bagi masyarakat yang kurang mampu biasanya menggunakan bambu.

gambar kuda-kuda kayu

Kuda-kuda

Ukuran kayu yang biasa digunakan tergantung dari lebar bentangan bangunan, mulai dari ukuran kayu 8x15 cm, 6x15 cm, 8x12 cm, 6x12 cm, dan 5x10 cm. Jenis kayu yang digunakan sebaiknya minimal kayu kelas II. Sebuah bangunan rumah bisa menggunakan lebih dari 3 kuda-kuda. Jarak antar kuda-kuda yang satu dengan lainnya minimum 3 M.

Balok tembok

Balok tembok adalah balok yang dipasang pada bagian bawah kuda-kuda yang berfungsi untuk dudukan kaso bagian bawah. Ukuran kayu yang digunakan sam dengan ukuran kayu yang digunakan pada kuda-kuda.

Gording

Gording adalah balok kayu yang dipasang memanjang di bagian tengah kuda-kuda antara balok bubung dan balok tembok yang berfungsi sebagai dudukan kaso bagian tengah. Ukuran kayu untuk gording sama dengan ukuran kayu yang digunakan untuk kuda-kuda. Jumlah gording pada sebuah bangunan rumah bisa 1 atau lebih tergantung bentangan atau lebar bangunan. Jarak antara gording yang satu dengan lainnya maksimum 2 M.

Balok bubung

Balok bubung adalah balok kayu yang dipasang memanjang pada puncak kuda-kuda yang berfungsi untuk dudukan kaso bagian atas. Ukuran kayu yang digunakan kayu yang digunakan sama dengan kayu yang digunakan untuk kuda-kuda.

Balok Jurai

Balok jurai pada dasarnya sama dengan balok bubung, yaitu balok bubung untuk bangunan berbentuk limas.

Kaso atau rusuk

Kaso adalah kayu yang dipasang di atas balok bubung, gording dan balok tembok dan berfungsi untuk dudukan reng. Jarak antar kaso maksimum 50 cm. Ukuran kayu untuk kaso 5x7 cm atau 4x6 cm tergantung jenis genting yang akan digunakan. Untuk genting plentong cukup menggunakan kaso ukuran 4x6 cm.

Reng

Reng adalah kayu yang dipasang di atas kaso dan berfungsi untuk dudukan penutup atap atau genting. Ukuran penempang kayu untuk reng adalah 2x3 cm atau 3x4 cm tergantung jenis genting yang akan digunakan. Untuk penggunaan genting plentong cukup menggunakan ukuran reng 2x3 cm.

Papan bubung (nok)

Papan bubung atau papan nok adalah kayu yang dipasang di atas balok bubung dan berfungsi untuk dudukan tembok bubungan. Ukuran penampang kayu untuk papan adalah 2x20 cm.

Itulah rangka atap dan komponennya yang menggunakan bahan material kayu. Semoga asda manfaatnya!


Posting Terkait:




 

www.softwarerab.com