RAB Rumah vs Software RAB


by Endang Kusman - 10 November 2014
membuat rab rumah

Membuat RAB rumah dengan Software RAB ini diperuntukan bagi pengguna dan calon pengguna Software RAB, terutama bagi yang belum memahami tentang Software RAB ini. Saya memaklumi, kadang-kadang ada yang menangkap bahwa Software RAB adalah RAB yang sudah jadi. Hal tersebut saya dapatkan informasi dari beberapa orang calon pembeli Software RAB yang bertanya, yang pertanyaannya diantaranya sebagai berikut:

Apakah ada Software RAB rumah minimalis type 36?
  1. Pak saya awam sekali pengetahuan bangunan, bagai mana cara menghitung volume pekerjaan untuk diinput ke Software RAB?
  2. Apakah tidak ada Software RAB versi baru tahun 2014?
  3. Software RAB bisa digunakan untuk menghitung berapa rumah?

Berkaitan dengan pertanyaan nomor 1, saya memahami bahwa penanya belum mengerti membedakan antara Software RAB dengan RAB. Padahal jelas sekali, Software RAB adalah alat untuk membuat RAB, sedangkan RAB adalah hasil output Software RAB. Rab rumah adalah rincian kebutuhan biaya yang diperlukan untuk membangun sebuah rumah berupa uraian pekerjaan, volume, dan harga satuan, serta total biaya yang dibutuhkan. Software RAB adalah alat bantu untuk memudahkan pembuatan RAB rumah bagi siapa saja termasuk yang kurang mengetahui ilmu bangunan.

Berkaitan dengan pertanyaan nomor 2. Memang saya maklumi bagi yang kurang mengetahui ilmu bangunan/sipil/arsitektur akan bingung dan merasa awam mengenai hal tersebut. Tapi jangan khawatir pada website ini saya telah menjelaskan materi cara menghitung volume pekerjaan sari awal sampai akhir sesuai dengan yang diminta Software RAB. Cara mengitung volume pekerjaan bisa dibaca di halaman ini..di halaman ini..

Berkaitan dengam pertanyaan nomor 3. Software RAB sampai saat ini belum perlu diupdate, sebab rumus-ruus analisa hargasatuan pekerjaan AHS-SNI yang berlaku sejak tahun 2007 sampai sekarang belum ada perubahan. Yang berubah setiap tahun adalah harga satuan bahan dan upah. Untuk harga satuan bahan dan upah saya tidak perlu mengupdate, sebab yang input harga satuan dan upah adalah pengguna Software RAB sesuai harga di wilayah/kota masing-masing, sedangkan saya menggunakan AHS-SNI Bogor, kalau rumus analisa harga satuan pekerjaannya sama seluruh Indonesia, tetapi kalau harga bahan dan upah tentu akan berbeda di setiap wilayah.

Untuk pertanyaan nomor 4. Memang saya hanya memberi tau pengguna melalui email pengiriman Software RAB. Penjelasannya begini : Software RAB terdiri dari beberapa file excel. Di dalam file exel ada link-link antar file atau ada link antar sheet dalam satu file. File-file excel tersebut tersimpan dalam sebuah folder. Satu folder tersebut saya sebut satu Software RAB yang hanya bisa digunakan untuk menghitung 1 RAB rumah. Kenapa begitu? Sebab kalau sudah digunakan untuk menghitung satu RAB rumah maka tidak bisa digunakan untuk RAB rumah lainnya, sebab bila digunakan untuk lainnya maka data RAB rumah yang pertama akan terhapus. Agar Software RAB bisa digunakan untuk mengitung berapa RAB rumah maka harus membuat duplikat folder Software RAB yang diberi nama berbeda, dengan cara copy folder lalu save as dan beri nama folder baru.

Barangkali dengan menyampaikan pertanyaan-pertanyaan di atas dan penjelasan (jawaban), merupakan tambahan untuk melengkapi penjelasan di halaman depan website ini, dan bagi Anda yang kebetulan membaca halaman ini serta tertarik untuk membeli SoftwareRAB, maka sudah mengetahui penjelasannya..




 

www.softwarerab.com