Dimaksud RAB Rumah Standard dalam Software RAB


Yang dimaksud RAB Rumah Standard dalam Softwware RAB adalah rab rumah dengan menggunakan bahan-bahan standard yang paling umum digunakan banyak orang. Pada Software RAB ini sudah disetting dengan bahan-bahan material yang yang paling umum digunakan. Jadi untuk bangunan-bangunan rumah yang menggunakan bahan material tertentu tidak bisa menggunakan alat (Software RAB) ini, sebab masih harus menghitung material non standard atau material diluar setting yang ada pada Software RAB.

Sedangkan material yang telah disetting pada Software RAB pada setiap item pekerjaan, adalah sebagai berikut:

  1. Struktur : pondasi batu kali, beton sloof, beton kolom, dan ring balok beton dengan ukuran campuran AHS yang sudah dipilih.
  2. Dinding : menggunakan bata merah
  3. Plesteran : adukan semen pasir
  4. Acian : semen
  5. Lantai : keramik
  6. Kusen pintu & jendela: kayu
  7. Daun pintu & jendela : kayu & triplek
  8. Rangka atap : baja ringan
  9. Tutup atap : genting plentong bakar
  10. Rangka plapond : besi hollow
  11. Tutup plapond : GRC atau gypsum
  12. Jumlah lantai : maksimun 2 lantai

Itulah yang dimaksud Rumah Standard dalam software rab ini, pada dasarnya sudah disetting dengan bahan-bahan standard dan analisa harga satuan (AHS) yag dipilih. Apabila Anda ingin menghitung/membuat RAB rumah yang memiliki kualifikasi seperti di atas.. bisa menggunakan Software RAB ini. Tapi jika kualifikasi rumah yang akan Anda bangun tidak seperti di atas, maka Anda tidak dapat menggunakan Software RAB ini. Kalaupun mau menggunakan SoftwareRAB ini, tentu saja masih harus menghitung item-item pekerjaan yang belum ada, seperti pekerjaan persiapan, pekerjaan instalasi listrik, pekerjaan batu tempel, dan pekerjaan lainnya yang tidak disetting pada Software RAB.

Sofware memang saya buat untuk membantu memudahkan orang-orang yang akan membangun rumah dengan bahan material standard dan dikerjakan dengan sistim kerja harian sehingga mereka dapat mengestimasi sendiri dengan akurasi yang mendekati kebenaran, dari pada mengestimasi dengan cara menanyakan kepada tukang bangunan dengan cara kira-kira, atau cara tembak per M2.

untuk keperluan tukang borong dengan menggunakan Software RAB akan membantu estimasi sekitar 75%, sedangkan yang 25% (material sesuai keinginan owner, misalnya lantai granit, rangka atap dan plafon kayu, dinding hebel, dll.) lagi harus menghitung sendiri dengan cara manual.




 

www.softwarerab.com