Pertanyaan dan Jawaban mengenai Software RAB


Pada halaman ini saya akan menyampaikan pertanyaan-pertanyaan yang sering diajukan oleh pengguna software rab. Dengan ditayangkannya pada halaman ini mudah-mudahan tidak pertanyaan yang sama dan berulang-ulang ditanyakan.

Halaman Diskusi/Komentar dipindah ke halaman ini..

Pertanyaan 1:

Tanya :
Kenapa dalam software rab tidak bisa menghitung volume pekerjaan secara otomatis? Kalau begitu sama saja dengan menghitung manual!
Orang yang bertanya seperti itu saya maklumi, mungkin ybs sama sekali kurang mengetahui teknik bangunan.

Jawab :
Untuk menghitung volume pekerjaan pada sebuah bangunan rumah harus berdasarkan gambar perencanaan dan harus dilakukan dengan cermat dan teliti secara manual. Sedangkan software rab saya buat untuk memproses data volume yang diinput menjadi RAB, bukan untuk menghitung volume secara otomatis. Selama ini saya belum mendengar ada software properti untuk mengotomatiskan penghitungan volume pekerjaan, boleh tanya ke konsultan perencana manapun.

Pertanyaan 2:

Tanya :
Apakah AHS-SNI yang digunakan Software RAB suka diupdate dengan AHS-SNI terbaru?

Jawab :
AHS-SNI setiap tahun diterbitkan oleh Instansi terkait pada setiap Pemda Kb/Kodya di seluruh Indonesia. Yang diupdate dalam AHS-SNI terbaru hanyalah harga satuan bahan material dan upah kerja, atau format tabel, sedangkan koefisien atau rumusnya tidak pernah berubah dari tahun ke tahun. Yang digunakan dalam Software RAB hanya rumus atau koefisiennya saja, sedangkan harga satuan bahan material dan upah kerja diinput langsung oleh pengguna sesuai harga setempat dimana pengguna berdomisili. Selama rumus/koefisien pada AHS-SNI tidak ada perubahan, maka saya tidak perlu merubah/update.

Pertanyaan 3 :

Tanya :
Mengapa dalam software rab, rangka atap hanya menggunakan baja ringan?

Jawab :
Software rab dirancang agar semua orang bisa dengan mudah menggunakannya termasuk orang awam. Menghitung volume pekerjaan rangka atap baja ringan sangat mudah, cukup menghitung luas permukaan atap. Sedangkan untuk menghitung volume rangka atap kerangka kayu cukup rumit dan adabeberapa sub pekerjaan, seperti pekerjaan kuda-kuda, pekerjaan gording, pekerjaan balok tembok, pekarjaan kaso dan reng, maka untuk orang awam cukup membingungkan. Selain persoalan tersebut, pada saat ini penggunaan rangka atap baja ringan sudah mulai membudaya dan menjadi pilihan masyarakat, selain harganya cukup terjangkau, juga daya tahannya melebihi kayu.

Pertanyaan 4 :

Tanya :
Di daerah saya tidak menggunakan batu bata merah bagaimana?

Jawab :
Bata merah adalah bahan material bangunan yang sudah umum digunakan sejak jaman dahulu. Dalam AHS-SNI.. material bata merah adalah salah satu bahan material untuk dinding yang sudah baku. Jadi bagi Anda di daerah yang tidak menggunakan bata merah sebaiknya jangan menggunakan software rab, oleh karena itu sebelum membeli software rab harus membaca semua penjelasan termasuk link-link didalamnya, misalnya link ini..

Pertanyaan 5 :

Tanya :
Kenapa Nilai RAB yang dihasilkan sangat besar, tetangga yang membangun rumah lebih besar biayanya lebih kecil dari hitungan software rab?

Jawab :
Bukan besar kecilnya rumah yang menjadi ukuran biaya, tetapi standarisasi penggunaan bahan material yang berkaitan dengan kualitas bangunan. Tukang tradisional menggunakan bahan sehemat mungkin.. pada bagian struktur (bagian yang paling penting untuk kekuatan bangunan) misalnya semen untuk pasangan pondasi, pasangan bata, campuran adukan beton, kemudian ukuran besi seminim mungkin.

Kesalahan menghitung volume pekerjaan dan kesalahan harga satuan bahan material dan upah bisa mengakibatkan mengecil atau membengkaknya nilai RAB.

Catatan : Apabila Anda merasakan aneh dalam jumlah semen dengan membandingkan pada kebiasaan Tukang tradisional, jumlah itulah yang sesuai standard kualitas yang diharuskan. Saya dalam software RAB menggunakan adukan standard terendah untuk campuran adukan pasangan pondasi dan pasangan dinding &plesteran.

Pertanyaan 6 :

Tanya :
Kenapa Analisa Harga Satuan (AHS-SNI) tidak terlihat di Software RAB?

Jawab :
Software RAB sudah siap pakai, dan pengguna tidak perlu berurusan dengan Analisa Harga Satuan (AHS-SNI)
AHS-SNI disembunyikan dan diprotek dengan password,
Pengguna tidak diijinkan membuka password,
Pengguna yang mengajukan permintaan password untuk membuka sheet AHS, tidak akan ditanggapi.
Pertanyaan 7 :

Tanya :

Mengapa Software RAB ini tidak dibuat sekalian untuk menghitung RAB Rumah Mewah?

Jawab:
Kriteria rumah mewah sangat beragam dan kompleks, baik dalam penggunaan bahan materialnya atau sistem pengerjaannya, bahkan ada yang menggunakan material non standard yang tidak banyak orang yang menggunakannya.

Orang yang akan membangun rumah mewah tidak mungkin ingin menghitung sendiri RAB rumahnya, sebab mereka pada umumnya menggunakan konsultan perencana konstruksi dan pelaksanaan pembangunan rumahnya juga menggunakan kontraktor yang dengan proses lelang atau penunjukan langsung.

Software RAB Rumah Sederhana saya buat dengan sasaran calon pengguna yang pada umumnya ingin membangun rumah standard dan ingin menghitung sendiri RAB rumahnya.. daripada menanyakan kepada tukang bangunan atau menanyakan kepada tetangga yang baru membangun rumah, dan sistem pelaksanaannya juga pada umumnya menggunakan sistem kerja harian. Mereka memerlukan bantuan software rab hanya sekedar untuk mengetahui total biaya membangun, nilai biaya material dan upah kerja, serta list kebutuhan materil yang diperlukan.

Pertanyaan 8 : (Paling sering ditanyakan)

Apakah bisa menambah atau mengurangi (membuang) Item pekerjaan pada Software RAB (Sheet Editing Volume)? Jawab : Walaupun singkat pertanyaannya, namun jawabannya perlu saya jelaskan secara rinci, untuk itu saya tulis pada halaman lain,

Pertanyaan 9 :

Pengirim : Gatot Kusumo
Alamat : (Tidak dipublikasikan)
Email : (Tidak dipublikasikan) 
Selamat Siang bp. Endang Kusman,

Saya telah membaca website bapak ttg Software Rumah Sederhana, dan sebelum saya menentukan untuk membelinya, ingin mengajukan pertanyaan sbb:

Adakah software RAB Rumah Sederhana semacam ini ataupun software RAB Rumah Mewah lainnya yang telah anda create ataupun modifikasi dengan menambahkan kolom-kolom lama waktu pelaksanaan, gant Chart /Jadwal Pelaksanaan (mungkin di samping kanannya RAB spreadsheet Excel tsb), sehingga kami dapat sekaligus membangun dengan berpedoman sesuai jadwal pelaksanaan tersebut. Dan jika dalam pelaksanaan ada keterlambatan serta jika diinput waktu realisasi pelaksanaannya, maka akan muncul critical path-nya (atau muncul tanda warning). Dengan demikian pengguna akan dapat menentukan jadwal pelaksanaan serta sekaligus mengontrol pelaksanaan pekerjaan di lapangan, agar pembangunan dapat selesai sesuai jadwalnya. Dengan bapak meng-create Software system semacam ini menjadi 1 paket lengkap (RAB+PM), menurut saya pasti akan bertambah banyak lagi manfaat bagi penggunanya, dan kedepannya akan sangat menguntungkan bagi penjualan software bapak.

Mungkinkah saya/pengguna software ini mendapatkan passwordnya untuk kepentingan pribadi saya (mungkin khusus hanya utk saya) yaitu agar dapat memodifikasi software ini sesuai keinginan saya?

Bolehkan saya mendapatkan bonus tambahan desain rumah-rumah 2 lantai lagi disamping yang akan anda berikan sesuai di website tsb?

Demikian pertanyaan-pertanyaan saya, dan atas jawaban positif bapak saya ucapkan terima kasih.

Wassalam,

Gatot Kusumo.
Jakarta-Tangerang.
Jawaban :

Yth. Bp. Gatot Kusumo

Ass.Wr.Wb. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas tanggapan positif pada Software RAB, dan merupakan masukan yang sangat berharga untuk perbaikan-perbaikan Software RAB di masa mendatang. Software RAB yang saat ini saya tayangkan di internet telah mengalami perbaikan yang diantaranya atas dasar masukan-masukan dari pengguna.

Saya akan mencoba menjawab ke-3 pertanyaan yang Bp ajukan :

Sesuai dengan tujuan semula, bahwa saya membuat software rab ini untuk memenuhi kebutuhan perorangan, terutama para pemilik/pengguna perumahan KPR-BTN sederhana yang akan membangun rumah pribadi yang ingin menghitung sendiri biaya membangun rumah. Dengan alat ini ternyata mereka yang sudah membeli merasa terbantu dan bisa membuat RAB rumah sederhana, sekalipun mereka tidak memiliki pengetahuan bangunan. Dan pada tahap berikutnya ada yang memberi masukan agar muncul list material yang diperlukan, maka saya update sehingga output Sofatware RAB selain RAB, juga list kebuhan material. Nah, masukan Pak Gatot mengenai tambahan untuk Jadwal pelaksanaan.. ini sebenarnya pernah ada yang memberi masukan yang sama, namun saya kembali pada tujuan awal.. bahwa Software RAB sasarannya adalah perorangan untuk kepentingan membangun rumah sendiri, bukan untuk pemborong.., baik pemborong perorangan maupun pengusaha. Untuk perorangan (bukan pemborong) saya kira tidak memerlukan schedule atau jadwal pelaksanaan, sebab kebanyakan mereka membangun rumah dengan sistem kerja harian. Apabila Pak Gatot menginginkan sistem yang lebih lengkap dan profesional bisa lihat pada link ini (bukan punya saya) : http://bit.ly/T3mcdy dan http://bit.ly/1pwHkpO

Mohon maaf, saya sudah komitmen dengan pertanyaan/jawaban no. 6 di halaman ini : http://www.softwarerab.com/pertanyaan-dan-jawaban-tentang-software-rab.htm , sebab sudah banyak yang mengajukan hal yang sama.

Untuk sementara saya hanya memberikan bonus seperti yang saya sampaikan dalam website, dan saya harus bersikap adil dan sama kepada setiap pembeli sofeware rab.

Demikian yang dapat saya sampaikan, sekali lagi saya mengucapkan terima kasih atas masukan Pak Gatot.

Salam,
Endang Kusman - Bogor
Pertanyaan 10 :

Pengirim : Hadi Isanto - Jawa Timur
Terima kasih pak software rab sudah saya terima, yang mau saya tanyakan hasiloutput rab apa sudah termasuk profit yang akan saya dapat, trims.

Jawaban:

Seperti yang telah saya sampaikan pada pertanyaan 01 (Bp. Gatot), bahwa tujuan dan sasaran saya membuat software rab adalah untuk pengguna perorangan yang bukan pemborong, dimana para pengguna harus input data harga satuan bahan dan upah sesuai harga setempat (harga riil pasar). Dengan data harga riil tentu saja belum mesuk keuntungan pemborong. Saya tidak merekomendasikan software rab untuk digunakan pemborong baik perorangan maupun pengusaha. Tapi perlu saya sampaikan bahwa RAB yang sudah termasuk keuntungan pemborong harus menggunakan harga satuan bahan dan upah sesuai AHS-SNI, dimana harga satuan bahan dan upah sudah termasuk keuntungan pemborong dan pajak-pajak yang berlaku. Anda bisa lihat pada harga satuan bahan pada AHS, misalnya harga semen di pasar = Rp. 68.000,- per zak, maka pada AHS-SNI bisa sampai Rp. 80.000,- per zak.

  Pertanyaan 11

Pengirim : Lisa Taurisia - Tangerang

Ok. Trima ksh. Sy sdh mbuka n user friendly menurut sy. Tp ad satu hal yg ingin sy tanyakan utk bahan yg sejenis (misal sy ganti keramik 30x30 dg ukuran 60x60, atau sy ganti batu merah bakar dg bata ringan) di file edit-harga-satuan tdk ada masalah kan ya atau tdk bs dganti krn tkait dg AHS? Mohon bimbingannya, hny itu yg ingn sy tahu, trmksh

Jawaban:

Yth. Sdr. Lisa U/ keramik diganti 60x60 tidak masalah sebab menggunakan perekat yang sama. Tapi kalau untuk bata merah diganti dengan bata ringan tidak bisa, sebab AHS-nya tidak relevan. Sampai saat ini belum ada analisa u/ bata ringan, jadi untuk menghitung selisihnya harus menghitung manual. Terima kasih atas responnya.




 

www.softwarerab.com