Persiapan yang Harus Dilakukan Sebelum Membangun Rumah


Mungkin pada saat ini Anda akan membangun rumah idaman yang telah sejak lama Anda idamkan dan kini uang Anda sudah terkumpul. Apa yang harus Anda lakukan selanjutnya? Apakah langsung membangun dan memanggil tukang bangunan? Sebaiknya tidaklah begitu, sebab untuk membangun rumah sekecil atau sesederhna apapun harus berdasarkan gambar rencana dan mengetahui berapa RAB-nya atau biaya untk membangunnya.

rumah minimalis type 54 gb1


Jika Anda akan membangun rumah, maka yang terlebih dulu harus dipersiapkan adalah gambar rencana. gambar rencana terdiri dari gambar denah, gambar tampak, gambar potongan melintang dan memanjang, dan gambar detail.

Berdasarkan gambar rencana tersebut Anda harus membuat Rencana Anggaran Biaya membangun (RAB). Dengn dibuatya RAB, maka Anda akan mengetahui berapa bahn material dan upah kerja untuk membangun rumah Anda.

Pada umumnya atau kebanyakan orang ketika akan membangun rumah cukup memanggil tukang bangunan, dan mengenai bagaimana bentuk bangunan menyerahkan bangagaimana menurut tukang bangunan. Kebiasaan seperti itu tidaklah selalu baik dan memberikan kepuasan kepada pemilik rumah, sebab kebanyakan hasilnya kurang memuaskan, baik dari sisi kualitas, model, termasuk pemborosan biaya karena disebabkan tidak ada kontrol. RAB yang dipersiapkan sebelumnya selain sebagai acuan biaya, juga merupakan alat kontrol biaya yang sangat efektif.

Untuk memudahkan pembuatan RAB rumah, sengaja saya membuat Software RAB Rumah yang sangat berguna dan banyak membantu orang-orang awam yang belum mengetahui bagaimana cara membuat anggaran biaya membangun rumah.

Saya rekomendasikan kepada Anda yang akan membangun rumah sekecil apapun buatlah perkiraan biaya (RAB), agar peggunaan biaya dapat dikontrol, bahkan dihemat.

Itulah persiapan yang wajib dilakukan sebelum Anda memutuskan untuk melaksanakan pembangunan rumah tinggal idaman Anda.




 

www.softwarerab.com