Penyebab RAB Tidak Sesuai Dengan Pelaksanaan di Lapangan


Diposkan : 11 Januari 2015
Oleh : Endang Kusman


Rencana Anggaran Biaya (RAB) bangunan yang telah disusun berdasarkan gambar teknis merupakan estimasi atau perkiraan yang pada prakteknya di lapangan tidak selalu tepat persis, pasti ada kurang atau lebih. Namun sepanjang kelebihan atau kekurangannya kecil, itu hal yang biasa atau wajar. Tapi kalau kelebihan atau kekurangannya besar itu ada kesalahan teknis, baik kesalahan membuat rencana atau kesalahan pelaksanaan.

gambar rumah modern 03



Kesalahan membuat rencana

Kekurang telitian seorang perencana ketika menyusun RAB, akan mengakibatkan hal yang fatal. Misalnya kesalahan dalam menghitung volume pekerjaan yang angkanya jauh lebih kecil dari volume yang sebenarnya akan mengakibatkan kekurangan biaya dalam pelaksanaan. Hal seperti itu harus dihindari sebab akan merugikan user dalam hal penyediaan dana. Kesalahan menghitung volume bisa diakibatkan oleh kesalahan notasi ukuran pada gambar rencana yang dibuat oleh drafter. Untuk mengantisipasi terjadinya kesalahan perencanaan adalah harus dilakukan pemeriksaan yang berulang-ulang, mulai dari gambar teknis maupun dalam proses penyusunan RAB.


Kesalahan pelaksanaan

Kesalahan dalam pelaksanaan juga bisa mengakibatkan membengkaknya biaya, sehingga nilai RAB tidak sesuai dengan pelaksanaan. Kesalahan dalam pelaksanaan biasanya terjadi pada bagian pekerjaan tertentu yang tidak mengikuti ukuran sesuai gambar (melebihi ukuran pada gambar). Hal tersebut disebabkan oleh kelalaian pelaksana atau pengawas lapang. Selain itu, juga bisa disebabkan oleh kesalahan teknis sehingga terpaksa pekerjaan yang hampir selesai harus dibongkar pasang yang hal tersebut tentunya akan memerlukan biaya tambahan.

Pada dasarnya kesalahan-kesalahan dalam perencanaan maupun pelaksanaan bisa saja terjadi sehingga mengakibatkan RAB yang sudah dibuat tidak sesuai dengan pelaksanaan kerja di lapangan. Baik dalam penyusunan RAB maupun pelaksanaan pekerjaan seyogianya dilakukan dengan hati-hati dan pengawasan yang baik.


Baca juga :




 

www.softwarerab.com