Pentingnya Rencana Anggaran Biaya (RAB) Membangun Rumah


by : Endang Kusman : 02 September 2014

RAB Membangun adalah singakatan dari Rencana Anggaran Biaya. Begitu pentingkah membuat RAB sebelum membangun? Mungkin ada yang diantaranya mengatakan tidak begitu penting. Tapi kalau menurut saya sangat penting, sebab setiap pekerjaan apapun yang dikerjakan tanpa rencana seperti halnya kita berjalan atau bepergian tanpa tujuan.

Saya kira siapapun yang akan membangun rumah, baik masyarakat awam maupun masyarakat modern ketika akan melaksanakan pekerjan membangun rumah pasti ada gambar perencanaannya, termasuk perencanaan biaya. Hanya bedanya antara masyarakat awam dengan masyarakat modern dalam bentuk perencanaannya yang berbeda. Kalau pada masyarakat modern perencanaannya berdasarkan empiris (ilmu pengetahuan), sedangkan pada msyarakat awam berdasarkan pengalaman seseorang yang dianggap orang mumpuni, berdasarkan pendapat umum, atau bahkan berdasarkan kira-kira. Jadi, sesederhana apapun pasti ada perencanaan.

Yang akan saya singgung dalam artikel ini adalah RAB Bangunan berdasarkan empiris (ilmu pengetahuan), dimana rencana anggaran biaya yang dihasilkan akan mendekati kenyataan, sebab cara empiris sudah melalui tahapan penelitian yang berulang-ulang oleh para ahli sesuai bidangnya.

Untuk membuat atau menghitung RAB bangunan berdasarkan ilmu pengetahuan dengan menggunakan alat standard yaitu analisa harga satuan pekerjaan konstruksi (AHS-SNI). AHS-SNI digunakan untuk menentukan harga satuan setiap pekerjaan bangunan, seperti pekerjaan pondasi, pekerjaan beton, pekerjaan dinding, pekerjaan lantai, pekerjaan atap, pekerjaan plapond, pekerjaan instalasi, dan pekerjaan finishing.

Biaya untuk mengerjakan setiap pekerjaan berbeda antara satu dengan yang lainnya. Setiap pekerjaan terdiri dari komponen bahan material dan biaya upah mengerjakannya serta biaya peralatan pendukung. Maka oleh sebab itu untuk menentukan harga satuan setiap pekerjaan memerlukan analisa baku untuk menghitungnya.

Pekerjaan membuat RAB bangunan termasuk RAB bangunan rumah biasa dikerjakan oleh ahlinya yaitu konsultan perencana konstruksi, baik konsultan perorangan maupun konsultan berbentuk badan hukum aeperti CV, Firma, Koperasi, atau PT. Umtuk membuat RAB rumah cukup menggunakan konsuktan perencana konstruksi perorangan.

Apabila Anda akan membuat RAB rumah meminta bantuan konsultan, maka Anda harus sudah memiliki gambar perencanaan lengkap seperti denah, tampak, potongan, detail, dst. Apabila Anda belum memiliki gambar, maka konsultan tidak bisa mengerjakan RAB rumah Anda tanpa gambar yang lengkap, dan konsultan akan menawarkan pembuatan gambar+ RAB. Biaya untuk membuat gambar+RAB antara 3 s/d 5% kali total biaya fisik. Kalau Anda menggunakan jasa online biasanya dengan tarif Rp. 15 rb s/d 30 rb rupiah per meter persegi.

Sebuah bangunan termasuk rumah yang dikerjakan berdasarkan gambar rencana dan RAB, maka hasilnya akan tepas sesuai keinginan atau mendekati dengan penyimpangan yang sangat kecil. Itulah pentingnya sebuah rencana berdasarkan empiris.




 

www.softwarerab.com