Panduan Penggunaan Software RAB


By Endang Kusman : 7 Mei 2014

MEMBUAT DUPLIKAT SOFTWARE RAB

Software RAB terdiri dari beberapa file excel yang tersimpan dalam sebuah folder. File-file yang ada dalam folder tersebut jangan sampai ada yang hilang atau rusak, sebab satu sama lainnya saling berhubungan. Anda membeli software RAB kalau tidak dibuatkan duplikatnya hanya dapat untuk menghitung sebuah RAB Rumah. Sebab satu folfer Alat-RAB hanya untuk menghitung sebuah RAB. Default nama folder adalah Alat-RAB, dan nama folder bisa diganti sesuai keinginan.
Apabila Anda ingin menghitung RAB beberapa rumah, maka folder Alat-RAB harus Anda duplikasikan menjadi banyak dengan nama yang berbeda, misalnya Rab1, Rab2, Rab3, Rab4, Rab5, dst. Atau diberi nama lain sesuai keperluan Anda. Caranya : buat folder baru misalnya RAB RUMAH, kemudian copy paste folder Alat-RAB dari lokasi download ke folder yang baru dibuat.. kemudian rename Alat-RAB dengan Rab1, kemudian paste lagi Alat-RAB.. lalu rename dengan Rab2 dst.. lakukan berulang-ulang sesuai keperluan.

CARA MENGGUNAKAN SOFTWARE RAB

Setiap akan menggunakan Software RAB memulainya harus dengan membuka file menu.xlsx agar semua file menjadi aktif, dan apabila Anda selesai bekerja harus Exit Excel dan save semua file yang terbuka dengan memilih Yes to All. Setelah file menu.xlsx aktif, Software Rab siap dioperasikan.. dan ikuti semua petunjuk pada setiap lembar kerja (Sheet) yang dibuka. Dan setiap menjalankan menu.xlsx selalu diminta password, tapi kalau Anda ingin membuang password silahkan saja, caranya : Save As =>pilih Tools => pilih general=> hapus password ... lalu Save!

Edit Harga Satuan Bahan dan Upah

Yang pertama kali harus Anda kerjakan adalah mengedit harga satuan bahan bangunan sesuai harga setempat di kota/tempat Anda, defaultnya 0 rupiah. Mengapa saya buat 0 (nol) ? Sebab pengguna Software Rab yang harus mengisi sesuai harga setempat di setiap kota/provinsi di Indonesia. Semua harus diisi, jangan sampai ada yang terlewat, sebab jika ada yang terlewat maka output RAB menjadi tidak valid. Oleh karena itu.. sebelum Anda melakukan edit volume pekerjaan harus mengedit harga satuan bahan dan upah terlebih dahulu.
Cara memperoleh informasi harga material : Anda cari beberapa nomor telpon Toko Bahan Bangunan terdekat pada buku Telkom, untuk setiap Toko tanyakan maksimum 5 bahan bangunan, sampai Anda mendapatkan semua harga satuan material. Untuk mengisi harga satuan upah.. cukup mengisi harga satuan upah Tukang dan Pekerja perhari. Untuk mendapatkannya bisa menanyakan kepada tetangga atau teman yang sedang..atau belum lama membangun rumah.

Edit Volume Pekerjaan

Setelah selesai mengerjakan edit/input harga satuan, Anda harus melakukan edit volume pekerjaan, defaultnya adalah 0 (nol) sebab pengguna Software Rab yang harus mengisi. Volume setiap pekerjaan harus Anda hitung dengan benar sesuai gambar rumah yang akan Anda bangun. Gambar yang diperlukan adalah : Denah, potongan (melintang/memanjang), gambar penjelasan, yang semuanya lengkap ukurannya. Cara menghitung volume pekerjaan bisa Anda buka halaman website : http://www.softwarerab.com/panduan-menghitung-volume-satuan-pekerjaan konstruksi-bangunan-rumah-tinggal.htm (Link tersebut sudah saya sertakan di email "Kirim Software Rab")

Melihat dan mencetak RAB ke Printer

Setelah Anda selesai mengerjakan input/edit harga satuan bahan material & upah kerja, serta volume pekerjaan, maka secara otomatis RAB rumah Anda sudah selesai dibuat, hasilnya berupa nilai rupiah yang diperlukan untuk membangun Rumah Anda yang rinciannya adalah nilai setiap pekerjaan. Nilai RAB yang valid dan benar akan Anda dapatkan apabila semua data yang Anda input benar dan tidak ada yang terlewat, harga bahan/upah sesuai harga setempat dan volume pekerjaan sesuai dengan gambar yang Anda miliki.

Rincian Bahan Material yang diperlukan

Output Software RAB selain menghasilkan rincian nilai biaya keseluruhan (RAB), juga menghasilkan rincian bahan material yang diperlukan beserta nilai rupiahnya. Rincian keperluan bahan diperlukan ketika akan belanja material.




 

www.softwarerab.com