Panduan Menghitung Volume Pekerjaan


Editing Volume pekerjaan dalam mengoperasikan Software RAB adalah wajib dan harus dikerjakan, sebab data volume pekerjaan merupakan bahan baku utama untuk menghasilkan RAB yang valid. Apabila pengguna software RAB tidak dapat menghitung volume satuan pekerjaan dengan benar, maka tentu saja alat ini tidak akan memberikan manfaat.

Jika Anda melakukan penghitungan RAB secara manual, selain memerlukan kahlian sipil/arsitektur, maka Anda akan mengerjakannya memerlukan waktu cukup lama.. sebab selain harus menysun format RAB juga Anda harus memilih dan memilah analisa yang sesuai.. pokoknya puyeng deh! Maka dengan alat ini tugas Anda hanya menghitung volume dan edit harga bahan.

Untuk menghitung volume juga perlu sedikit pengetahuan, maka sehubungan dengan hal tersebut, untuk membantu Anda yang ingin mencoba menggunakan software RAB tetapi tidak memiliki basic bangunan/arsitektur, saya akan mencoba menyajikan materi panduan lengkap cara menghitung volume pekerjaan sesuai satuan pekerjaan yang telah disetting dalam tabel editing pada software RAB, seperti pada tabel di bawah ini :

contoh tabel volume pekerjaan

Panduan lengkap cara menghitung volume pekerjaan bangunan ini saya sajikan secara lengkap mengikuti volume pekerjaan yang ada dalam tabel di atas (sesuai Software RAB) yang dilengkapi dengan gambar-gambar bangunan rumah yang diperlukan. Gambar-gambar yang saya gunakan sengaja tidak menggunakan gambar teknis (gambar 2D) sebagaimana biasanya, tetapi saya menggunakan gambar-gambar 3 dimensi (3D) dengan harapan mudah dimengerti. Dengan panduan tersebut diharapkan para pengguna Software RAB akan dapat menggunakannya dengan baik.

Dalam pembahasan cara menghitung volume satuan pekerjaan Anda akan saya ajak langsung praktek menghitung volume satuan pekerjaan rumah sederhana 6 x 6 m2. Mengingat materi panduan menghitung volume satuan pekerjaan tersebut cukup banyak yang tidak mungkin saya sajikan dalam satu halaman, sehingga akan saya bagi menjadi beberapa tahap penyajian ke dalam beberapa halaman website ini, sebagai berikut :

  1. Cara Menghitung Volume Pekerjaan Bagian 1
  2. Cara Menghitung Volume Pekerjaan Bagian 2
  3. Cara Menghitung Volume Pekerjaan Bagian 3
  4. Cara Menghitung Volume Pekerjaan Bagian 4

Lanjut ke materi : Cara Menghitung Volume Pekerjaan Bagian 1..

Halaman ini telah diupdate... dipindah ke halaman baru KLIK DISINI..




 

www.softwarerab.com