Tips Merencanakan Sebuah Rumah Tinggal


Sebuah rumah tinggal idaman adalah sebuah rumah yang didambakan oleh semua orang yang sudah berkeluarga. Rumah dapat dibaratkan sebagai sebuah istana bagi pemiliknya. Sebuah rumah yang menyenangkan bagi semua yang menghuni rumah tersebut tidak selalu harus sebuah rumah mewah.

Ukuran kenyamanan sebuah rumah sangat tergantung pada kemampuan dan karakter seseorang. Misalnya, seseorang yang memiliki kemampuan untuk membangun sebuah rumah sederhana dan karakter orang tersebut juga sederhana, maka yang bersangkutan akan merasa bahagia dan senang menempati rumah yang dimilikinya walaupun sebuah rumah sederhana.

Merencanakan sebuah rumah tinggal

Untuk memiliki sebuah rumah, sebelumnya harus direncanakan. Dalam merencanakan sebuah rumah, kita perlu melihat beberapa faktor penting diantaranya, faktor keuangan dan faktor kebutuhan. Faktor keuangan sangat menentukan dalam pendanaan kepemilikan rumah, sedangkan faktor kebutuhan berkaitan dengan kebutuhan ruangan untuk memenuhi kebutuhan penghuni.

Sebuah rumah ideal terdiri dari ruangan-ruangan tertentu didalamnya. Jenis ruangan dalam sebuah rumah dapat dibagi ke dalam 2 kelompok, yaitu ruang publik dan ruang pribadi.

Ruang publik adalah ruangan yang dipergunakan bersama oleh semua anggota keluarga atau semua penghuni rumah, seperti ruang keluarga, ruang makan, dapur, ruang tamu, taman, kamar mandi/wc.

Sedangkan ruang pribadi adalah ruangan yang hanya digunakan oleh anggota keluarga tertentu, misalnya ruang tidur, kamar mandi/wc tertentu, ruang kerja, atau ruang tertentu yang dianggap ruang pribadi, sehingga orang lain tidak diperbolehkan memasuki ruang tersebut.

Dalam merencanakan sebuah rumah, kita harus melihat kedua faktor di atas. Berapa luas setiap ruangan yang diperlukan. Kemudian dalam menentukan kebutuhan ruang tidur apakah setiap anggota keluarga harus memiliki sebuah kamar tidur, lalu apakah dalam menentukan ruang publik.. ruang makan, ruang keluarga, dan ruang tamu dibuat terpisah atau digabungkan. Semua itu sangat tergantung kepada kemampuan keuangan untuk memenuhi semua keinginan tersebut.

Dalam hal keuangan pas-pasan atau minim, kita dapat menerapkan effisiiensi penggunaan ruangan, yakni menggabungkan ruang makan/keluarga/tamu menjadi satu funsi. Kemudian dalam merencanakan jumlah ruang tidur anak kita dapat menempatkan anak-anak kita berdasarkan jenis kelamin, hal ini juga termasuk effisiensi ruangan, sehingga akan sangat berpengaruh besar terhadap pengeluaran biaya.

Itulah tips dalam merencanakan sebuah rumah tinggal. Semoga bermanfaat.




 

www.softwarerab.com