Tips Merancang sendiri Denah Rumah


Denah rumah merupakan bagian yang paling penting dalam perencanaan sebuah rumah tinggal. Kesalahan dalam menata ruang denah akan mengakibatkan kegagalan yang sangat fatal seandainya bangunan rumah sudah terlanjur dibangun.

Untuk merancang tata ruang denah rumah diperlukan berbagai pertimbangan diantaranya harus sesuai kebutuhan dan ketersediaan lahan yang telah dipersiapkan. Seandainya ketersediaan lahan lebih kecil dari jumlah dan luas kebutuhan ruangan, maka yang harus dilakukan adalah merencanakan bangunan rumah berlantai 2.

Misalnya untuk mementukan jumlah dan luas ruang tidur tentu saja harus berdasarkan kepada jumlah anggota keluarga. Misalnya dalam sebuah keluarga terdiri dari ayah dan ibu, 2 orang anak perempuan dan 2 orang anak laki-laki, dan seorang pembantu rumah tangga yang menginap setiap hari, berarti memerlukan 1 bh kamar tidur utama, 2 kamar tidur anak dengan asumsi 1 kamar tidur untuk 2 anak, dan 1 kamar tidur pembantu, sehingga jumlah kamar tidur diperlukan 4 kamar. Mengenai luas misalnya kamar tidur utama 5 x 5 meter + kamar mandi/toilet, 2 kamar tidur anak masing-masing 3 x 3 meter, dan 1 kamar tidur pembantu 3 x 2 meter.

Untuk ruangan lainnya seperti ruang tamu, ruang keluarga, dapur, dan ruang lainnya dapat ditentukan sesuai selera pemilik rumah.

Dalam hal kondisi dana yang tidak mungkin mencukupi sesuai kebutuhan, maka perencanaan tetap dilakukan sebagaimana mesitinya, tapi dalam pelaksanaan harus tetap dirancang sebagai rumah tumbuh yang pembangunannya dapat dilakukan secara bertahap.

Misalnya terpaksa harus merencanakan rumah 2 lantai, sedangkan ketersediaan dana tidak mungkin mencukupi untuk membangun rumah 2 lantai, maka solusinya dalam pelksanaan pembangunannya dapat dilakukan secara bertahap dengan membangun rumah lantai 1 terlebih dulu, namun pondasi dan struktur lainnya sudah dipersiapkan untuk bangunan rumah 2 lantai.

Itulah penjelasan singkat mengenai cara merancang sendiri denah rumah, yaitu pada intinya harus berdasarkan kebutuhan dan ketersediaan lahan dan biaya.




 

www.softwarerab.com