Menghitung Volume Pekerjaan Menggunakan Gambar Denah


Menghitung Volume Pekerjaan untuk membuat RAB rumah menggunakan Software RAB sebenarnya cukup menggunakan gambar denah, asalkan gambar denahnya lengkap ukurannya, mulai dari ukuran-ukuran panjang dan lebar denah, ukuran-ukuran setiap kamar, ukuran lebar kusen pintu dan jendela, dsb.

rumah minimalis type 45 gb3


Dalam membuat RAB rumah menggunakan Software RAB maupun cara manual data volume pekerjaan merupakan data yang diperlukan dan merupakan bahan baku utama. Hanya perbedaannya bahwa membuat RAB rumah menggunakan Software RAB anda hanya cukup melakukan input data volume dan edit harga satuan bahan, lain halnya dengan cara manual yang tentunya hanya orang yang memiliki keahlian bangunan yang dapat mengerjakannya.

Apabila Anda dapat membuat sendiri gambar denah berikut ukuran-ukurannya, maka sebenarnya Anda sudah bisa menghitung volume pekerjaan yang diperlukan untuk diinput ke Software RAB. Sedangkan edit harga satuan bukanlah hal yang sulit, anda tinggal tanya herga ke toko material terdekat.

Dengan menggunakan gambar denah maka Anda dapat menghitung volume pekerjaan dengan mudah,

Galian pondasi

Dengan ukuran yang ada pada denah sudah diketahui panjang galian dengan menjumlahkan semua sisi dan skat kamar, kemudian anda tentukan lebar galian dan dalam galian maka anda sudah dapat menghitung volume galian pondasi.

Pasangan pondasi

Pandang pondasi pasti sama dengan panjang galian, maka anda tinggal menghitung luas penampang pondasi yang berbentuk trapesium, misalnya lebar atas 30 cm lebar bawah pondasi =60 cm dan tinggi pondasi = 70 cm, maka dengan ukuran tersebut anda sudah dapat menghitung volume pondasi.

Beton Sloof dan Ring Balok

Panjang sloof dan ring balok pasti sama dengan panjang pondasi, selanjutnya anda tinggal menghitung luas penampang sloof dan ring balok , misalnya lebar sloof dan ring balok = 12 cm dan tinggi = 20 cm, maka anda sudah dapat menghitung volume sloof dan ring balok.

Beton Kolom

Untuk menghitung volume beton kolom, maka anda tinggal menghitung panjang seluruh kolom sedangkan liuas penampangnya sama degan luas penampang sloof. Untuk menghitung panjang kolom adalah dengan menghitung jumlah titik kolom yaitu pojok-pojok bangunan dan setiap pertemuan tembok, kemudian jumlah titik dikalikan tinggi bangunan misalnya 3,25 m. Dengan begitu anda sudah dapat menghitung volume kolom beton.

Luas lantai

Sangat mudah tinggal menghitung luas keseluruhan lantai yang tampak jelas pada denah.

Luas Dinding

Untuk menghitung luas dinding adalah jumlah panjang pondasi dikalikan tinggi bangunan dikurangi luas kusen pintu dan jendela. cukup mudah bukan? Untuk menghitung luas kusen pintu dan jendela tentu saja sangat mudah bukan?

Luas Plesteran tembok

Luas plesteran = 2 x luas dinding. Mudah kan?

Luas acian tembok

Luas acian = luas plesteran. Mudah kan?

Luas Plapond

Luas plapond bisa sama dengan luas lantai

Jumlah kloset, kran air, kunci dll anda bisa melihat juga pada denah

Jadi pada dasarnya Anda menggunakan Software RAb dapat membuat RAB Rumah cukup hanya dengan gambar denah, tidak perlu menggunakan gambar yang bagus, apalagi harus membeli ke konsultan perencana yang harganya tentu mahal.




 

www.softwarerab.com