Menghitung Biaya Renovasi Rumah


Renovasi rumah adalah merubah atau menambah ruangan sehingga bentuk dan tata ruang berubah dari bentuk asalnya menjadi bentuk tata ruang baru. Misalnya renovasi rumah KPR-BTN type 21/60 menjadi type 100/60.

Untuk mengetahui biaya renovasi per meter persegi misalnya, maka kita bisa menayakan kepada orang lain yang pernah elakukan renovasi dalam waktu dekat.. misalnya kepada tetangga, atau kepada teman sekerja di kantor. Dengan mengetahui biaya renovasi per meter persegi, maka kita dapat merencanakan dan mempersiapkan besaran dana yang harus kita sediakan.

Namun dengan hanya mengetahui biaya pe meter persegi tentunya kurang puas dan kurang rinci, sehingga kita tidak mengetahui jumlah yang diperlukan untuk bahan material dan biaya upah. Untuk megetahui rincian biya renovasi secara rinci, maka kita harus menyusun RAB. Untuk menyusun RAB, tentu harus meminta bantuan orang ahli bangunan.

Ada cara lain untuk menyusun RAB tanpa meminta bantuan seorang ahli, yaitu dengan bantuan alat bantu "Software RAB" yang bisa Anda dapatkan dengan harga terjangkau. Alat tersebut dapat digunakan oleh siapa saja, dengan catatan dapat mengoperasikan program ms-excel.. dan dapat sedikit mnghitung luas dan volume pekerjaan bangunan, seperti volume pondasi, luas lantai, luas atap dan sebagainya. Selengkapnya bisa Anda kunjungi halaman ini..




 

www.softwarerab.com