Mengenal Bahan Material Pasir Yang berkualitas Untuk Banguan


Dalam dunia konstruksi bangunan, pasir adalah merupakan bahan bahan material utama yang paling banyak digunakan dalam bangunan gedung dan sangat diperlukan untuk semua pekerjaan atau bagian-bagian penting dari sebuah bangunan mulai dari pekerjaan pondasi, pekerjaan beton, pekerjaan pasangan, pekerjaan plesteran dan sebagainya.

rumah minmalis type36 gbr5
Dalam memilih bahan material pasir untuk digunakan pada bangunan gedung harus menggunakan pasir yang berkualitas. Pasir yang berkualitas adalah pasir yang bersih dari tanah atau lumpur. Pasir yang mengandung banyak tanah sangat mempengaruhi kualitas bangunan, apa lagi kalau digunakan pada bagian utama gedung seperti pada pekerjaan struktur seperti pondasi, kolom beton, sloof dan balok beton.

Pasir yang berkualitas apabila dicampur dengan bahan material semen dengan perbandingan campuran yang sesuai aturan standar SNI akan menghasilkan kualitas adukan yang berkualitas.

Pasir merupakan bahan galian yang berada dalam tanah. Pasir berasal dari batuan vulkanis yang terkubur dalam tanah. Cara pengambilan pasir pada umumnya dengan cara digali secara manual atau menggunakan alat berat. Selain dengan cara mengali, ada juga dengan cara mengeruk di dasar sungai. Pasir yang berada di dasar sungai adalah pasir uang terbawa oleh air. Selain itu bila terjadi gunung melatus, banjir lahar dingin akan mengendapkan pasir di dasar sungai.

Sesuai penggunaannya bahan material pasir dapat digolongkan ke dalam 3 jenis yaitu, pasir urug, pasir pasang dan pasir beton.

Pasir Urug

Pasir urug berwarna kemerah-merahan atau coklat seperti tanah. Pasir urug sesuai dengan namanya diperlukan untuk mengurug bagian-bagian bangunan seperti dasar pondasi, dasar lantai kerja, dan sebagainya. Pasir urug tidak bisa digunakan untuk membuat adukan pasangan maupun adukan beton.

Pasir Pasang

Pasir pasang adalah pasir untuk campuran adukan pasangan seperti adukan pasangan batu kali, pasangan turap, pasangan bata, plesteran, dan pasangan penutup lantai. Pasir pasang tidak boleh digunakan untuk membuat campuran adukan beton dengan alasan apapun.

Pasir Beton

Pasir beton adalah pasir untuk bahan campuran adukan beton. Pasir beton yang baik berwarna abu-abu kehitam-hitaman, agak kasar dan apabila kita genggam akan mengeluarkan suara gemerisik dan kalau genggaman kita buka maka pasir tidak akan terurai kembali. Apabila sebaliknya (tidak terurai) kembali, maka itu bukan pasir beton yang baik, artinya mengandung banyak campuran tanah.

Untuk mengetes kualitas pasir, caranya yaitu dengan mencampur pasir dengan air pada ember, apabila air berubah menjadi coklat dan lengket..itu artinya pasir mengandung banyak tanah. Pasir seperti itu kualitasnya tidak baik.

Itulah sekilas tentang pasir yang berkualitas untuk bahan material bangunan yang perlu kita ketahui




 

www.softwarerab.com