Menambah atau Mengurangi Item Pekerjaan Pada Software RAB


by : Endang Kusman : 17 Jul 2014

Sering kali pengguna atau calon pengguna Software RAB bertanya "Bagaimana cara menambakan atau membuang item pekerjaan pada Software RAB?".

Agar tidak berulang-ulang ditanyakan, maka pada halaman ini saya akan menjelaskan secara rinci sehubungan dengan pertanyaan tersebut.

Seperti telah saya uraikan secara rinci pada halaman penjelasan Software RAB, bahwa output Software RAB telah telah dibuat secara permanen berdasarkan tujuan pembuatan Software RAB yaitu sebagai alat bantu menghitung anggaran biaya (RAB) rumah sederhana/standard.

Sehubungan dengan hal tersebut, maka tentu saja kalau Software RAB digunakan untuk menghitung RAB rumah non standarad, maka item pekerjaan yang sudah diseting tidak akan sesuai. Misalnya Anda akan menghitung RAB Ruko, RAB rumah elit dsb.. maka item pekerjaan yang sudah diset tidak akan sesuai. Sebagai contoh pada rumah elit, memasang lantai granit, aksesoris seperti pasangan dinding batu alam, dst. Kalau seandainya saya tambahkan pada software rab, maka item pekerjaan tersebut tidak akan terpakai oleh pengguna yang mayoritas bangunan rumah sederhana.

Atau sebaliknya jika Software RAB digunakan untuk menghitung RAB untuk rehab atau perbaikan rumah, maka akan banyak item pekerjaan yang tidak terpakai dengan tidak mengisi item pekerjaan yang tidak ada, maka pada output RAB akan banyak pekerjaan yang nilainya nol.

Sehubungan dengan hal-hal tersebut pengguna Software RAB tidak bisa merubah (membuang atau menambah) item pekerjaan pada mode editing volume, sebab akan merusak Software RAB itu sendiri, dan penambahan item pekerjaan tidak akan diproses oleh Software RAB. Untuk mengatasinya saya telah menambahkan caranya pada lembar kerja output RAB, caranya dengan melakukan editing output RAB secara manual, yaitu membuang atau menambah item pekerjaan. Item pekerjaan yang akan ditambahkan atau disisipkan harus dihitung dengan cara manual menggunakan AHS-SNI. Untuk memilih AHS-SNI yang diperlukan, pengguna Software RAB bisa mengcopynya di sini..

Semoga jawaban yang saya uraikan di atas bisa difahami, sehingga tidak lagi muncul pertanyaan-pertanyaan yang sama.




 

www.softwarerab.com