Membuat Estimasi Biaya Bangun Rumah Menggunakan Software RAB Lebih Cepat


By Endang Kusman [30 Maret 2015]

Mengapa membuat estimasi biaya membangun rumah meggunakan software RAB bisa lebih cepat dari pada dengan cara manual atau cara biasa? Untuk jawabannya saya akan mencoba menjelaskan secara singkat cara membuat rab rumah degan cara manual.

rumah minimalis type 45 gb3
Membuat estimasi biaya atau rab rumah dengan cara manual atau cara biasa yaitu memerlukan beberapa langkah atau tahapan pekerjaan sebagai berikut:
  1. Menghitung volume pekerjaan sesuai gambar rencana bangunan yang diawali dengan menghitung volume galian tanah pondasi, volume pasangan pondasi, volume pekerjaan beton, volume pekerjaan lantai sampai pekerjaan vinishing.
  2. Membuka file analisa harga satuan pekerjaan konstruksi (AHS-SNI) yang sudah berbentuk format file excel.
  3. Membuka sheet baru pada file AHS untuk membuat format RAB dengan format RAB yang sudah baku (lihat contoh format rab), kemudian kita menbuat format RAB sesuai urutan pekerjaan yang telah kita susun, mulai dari pekerjaan konstruksi.
  4. Pada kolom volume uraian pekerjaan dan kolom volume pekerjaan kita masukan data volume pekerjaan yang sudah kita hitung (point 1)
  5. Melakukan editing harga satuan upah kerja pada sheet upah pada analisa AHS.
  6. Melakukan editing harga satuan bahan material sesuai harga satuan yang berlaku di wilayah Anda. Yang diedit hanya bahan material yang akan Anda gunakan saja. Daftar material yang terterandi AHS sangat banyak.. jadi pilih saja yang sesuai.
  7. Memilih analisa AHS SNI yang sesuai dengan jenis pekerjaan yang kita susun dalam format RAB. Banyak sekali analisa pada AHS, pilih saja yang sesuai.
  8. Cari sheet harga satuan pekerjaan pada AHS Anda dan hubungkan dengan setiap harga satuan pekerjaan pada format RAB yang telah dibuat dengan membuat hyperlink setiap pekerjaan yang relevan. Pastikan semua link dibuat dengan benar.
  9. Pada kolom total di format RAB buat formula perkalian kolom volume dan kolom harga satuan.
  10. Pembuatan RAB cara manual sudah selesai.
Ada kurang lebih 9 langkah yang harus Anda lakukan dalam membuat RAB rumah cara manual. Dengan 9 langkah tersebut Anda hanya punya RAB yang menggambarkan secara umum kebutuhan biaya berdasarkan urutan pekerjaan, tapi Anda belum memiliki rincian bahan material yang diperlukan. Coba bandingkan dengan menggunakan Software RAB yang hanya perlu 2 tahap:
  1. Anda hanya membuat volume pekerjaan
  2. Anda hanya edit harga satuan material yang sudah dipilih, jadi Anda tidak repot memilih material.
  3. RAB rumah sudah otomatis selesai, dan Anda memiliki RAB rumah + rincian bahan material yang diperlukan.
Jadi sangat jelas jauh berbeda antara pembuatan RAB rumah cara manual dengan menggunakan Software RAB, sangat menghemat waktu, tidak pusing, tidak perlu memilah-milah material dan analisa yang sesuai, tidak perlu membuat format RAB, dll, sebab AHS SNI sudah tertanam dalam Software RAB dan sudah diotomatiskan.

Silahkan gunakan Software RAB untuk menghitung biaya membangun rumah Anda dan baca penjelasannya di sini.. . Untuk Anda yang awam ilmu bangunan, Anda juga bisa menggunakan software RAB untuk sarana belajar membuat sendiri RAB rumah.




 

www.softwarerab.com