KPR Merupakan Solusi Terbaik Untuk Memiliki Rumah Di Perkotaan


Diposkan : 6 Januari 2014

Banyak sekali pegawai dan karyawan di berbagai instansi maupun perusahaan yang belum memiliki rumah. Begitu sulitnya hidup di wilayah perkotaan untuk dapat segera memili sebuah rumah, terutama bagi kalangan masyarakat menengah ke bawah.

Harga rumah dari tahun-ke tahun terus merangkak tidak sebanding dengan penghasilan pegawai dan karyawan. Dengan terpaksa mereka yang belum memiliki rumah harus merasa puas dengan mengontrak atau sewa rumah-rumah petak sampai mendapat giliran memiliki rumah sendiri.

Untuk memiliki sebuah rumah harus memiliki niat yang kuat dan sungguh-sungguh, bila perlu dengan dengan cara memaksakan diri. Cara yang terbaik untuk memiliki rumah adalah mengajukan fasilitas KPR. Ada banyak pilihan type rumah sesuai dengan kemampuan masing-masing. Misalnya untuk kelas menengah bisa mengambil KPR type 36 ke atas, sedangkam kelas bewah bisa mengambil KPR type 21.

Takut punya hutang dan takut tidak bisa membayar cicilan, atau selalu merasa ragu-ragu untuk mengambil rumah KPR, itulah faktor yang dialami sebagian orang dan merupakan penyebab selalu ketinggalan orang lain. Apalagi kalau sampai menghitung-hitung total kredit selama 15 tahun yang nilainya berlipat harga kontan, itu akan semaikin menjauh, sehingga memilih menabung atau meminjam uang dengan jangka waktu pendek.

Berpendapat seperti itu memang tidak salah, tapi dalam kenyataannya apakah dengan cara seperti yakin dapat memiliki rumah lebih cepat? Saya yakin dengan cara meminjam uang dengan jangka waktu pendek untuk membeli sebuah rumah, akan sangat memberatkan. Berbeda dengan KPR, dengan nilai cicilah bulanan yang jauh lebih kecil dibandingkan cicilan pinjaman uang jangka pendek. Padahal kalau dengan cara KPR yang cicilannya lebih kecil, jika etelah berjalan lebih dari 6 tahun.. maka uang cicilan yang semula terasa memberatkan akan menjadi terasa ringan, sebab selama 6 tahun pasti ada perbaikan penghasilan bagi pegawai. Untuk memiliki rumah dengan cara menabung saya kira uang tabungan untuk ukuran pegawai tidak akan dapat mengejar laju kenaikan harga rumah. Belum lagi harga kontrak dan sewa rumah juga ikut-ikutan naik, sehingga akan sulit sekali jika ingin punya rumah dengan cara menabung.

Mengambil rumah KPR itulah yang paling baik dan sama-sama menguntungkan, kita cepat punya rumah dan bebas dari sewa atau kontrak rumah, sedangkan para pengembang juga dapat mengambil keuntungan dari penjualan KPR.




 

www.softwarerab.com