Kebiasaan Membangun Rumah dengan Cara Kerja Harian


Membangun rumah dengan cara kerja harian merupakan kebiasaan yang lajim dilakukan oleh sebagian besar masyarakat kita baik di wilayah pedesaan maupun perkotaan.

Sistem kerja harian dalam pelaksanaan membangun rumah yaitu merekrut sejumlah tenaga bangunan yang terdiri dari tukang dan pembantu tukang untuk melaksanakan pekerjaan membangun sebuah rumah dimana mereka akan dibayar dengan perhitungan upah harian yang biasanya dibayar oleh pemilik rumah setiap akhir pekan (hari Sabtu). Mereka disebut pekerja harian dengan waktu bekerja hari Senin - Sabtu, Minggu biasanya libur. Jam kerja pekerja harian adalah pk.8.00 s/d pk. 16, dengan waktu istirahat pk.12.00 s/d pk.13.00.

rumah minimalis type 54 gb1




Pelaksanaan pekerjaan membangun rumah dengan sistem harian tidak memerlukan persiapan dokumen yang rumit seperti pelaksanaan diborongkan, sebab semua pengaturan keuangan untuk biaya pengeluaran belanja bahan dan upah kerja mingguan dikelola langsung oleh owner (pemilik rumah).

Cara pelaksanaan membangun rumah dengan sistim kerja harian lebih fleksibel bagi owner sebab tidak ada perjanjian yang mengikat antara owner dengan pekerja harian, lain halnya dengan sistem borong yang cukup beresiko jika pelaksanaannya tidak dilakukan dengan sistem perjanjian yang terlindungi hukum.

Agar pelaksanaan pembangunan rumah dengan sistem kerja harian dapar berjalan dengan baik, efektif dan efisien, tidak terjadi penyimpangan yang serius baik waktu pelaksanaan atau pengeluaran biayanya.. maka Owner harus pandai-pandai mengatur atau memenej dalam proses pelaksanaan terutama dalam pengendalian pengeluaran biaya bahan dan upah harus sesuai berdasarkan RAB yang telah dibuat.

Sistem pengawasan pekerjaan pada pelaksanaan pembangunan rumah dengan sistem harian sangat diperlukan agar para pekerja dapat melaksanakan pekerjaannya dengan baik sesuai rencana. Menempatkan seorang mandor pada pelaksanaan pembangunan rumah sangat penting dilakukan oleh owner, jangan takut rugi.. sebab tanpa pengawasan lapangan maka kemungkinan penyimpangan akan sangat mungkin terjadi.




 

www.softwarerab.com