Gambar Teknis dan RAB Rumah Jadi Salah Satu Persyaratan IMB


by Endang Kusman - 22 September 2014

Dalam membuat sebuah IMB diperlukan gambar teknis dan RAB (Rancangan Anggaran Biaya). Inilah sebabnya kenapa penting bagi Anda membuat gambar bangunan dan RAB sebelum membangun sebuah rumah. Izin Mendirikan Bangunan (IMB) adalah izin yang perlu dimiliki seseorang untuk mendirikan, menambah, memperbaiki, mengubah hingga merenovasi sebuah bangunan. Izin ini sudah termasuk dalam izin kelayakan untuk membangun bangunan yang dikeluarkan oleh pemerintah daerah. Undang-Undang Nomor 34 tahun 2001 merupakan dasar pengaturan IMB. Sedangkan badan yang berwenang untuk menerbitkan IMB di masing-masing daerah memiliki nama yang berbeda, karena penjabaran pajak maupun retribusi daerah berbeda satu sama lain.

Pengeluaran IMB ini sendiri sebenarnya bertujuan baik, namun sebagian besar masyarakat masih enggan untuk mengurusnya karena banyaknya kabar mengenai biaya-biaya illegal yang harus mereka gelontorkan untuk mendapat IMB. Padahal faktanya jelas berbeda dengan yang ada di lapangan. Ini bisa terjadi karena ada segelintir oknum nakal yang memanfaatkan keadaan. Untuk itu jangan ragu untuk melaporkan jika mengalami kejadian ini saat Anda mengurus IMB Anda. IMB sendiri sebenarnya bertujuan untuk menciptakan tata letak bangunan yang aman, nyaman dan sesuai dengan peruntukkan lahan. Dengan adanya IMB maka dapat dilakukan analisis terhadap masalah keamanan desain bangunan yang Anda tempati. Persyaratan untuk mendapatkan IMB ini meliputi beberapa aspek yaitu garis bangunan terhadap jalan, keadaan bangunan, jarak, luas dan tinggi bangunan serta ukuran ruang sampai dengan pencahayaan dan sirkulasi udara yang masuk. Dalam hal ini gambar teknis dan RAB mutlak menjadi persyaratan pengajuan IMB. Gambar rancangan Arsitektur Bangunan minimal terdiri dari tujuh set untuk persyaratan IMB di Ibu Kota Jakarta.

Setelah bangunan dibuat berdasarkan IMB, maka selanjutnya terdapat satu surat lagi yang seharusnya dipenuhi. Surat ini adalah Izin Penggunaan Bangunan (IPB). Mungkin Anda juga masing asing dengan nama IPB ini, walau sebenarnya pemberlakuan IPB ini sudah cukup lama diterapkan. Masa berlaku IPB adalah sepuluh tahun untuk rumah tempat tinggal dan lima tahun untuk bangunan non-hunian. IPB bisa didapatkan dengan pengesahan dari kepala kecamatan di daerah Anda. Dalam proses keluarnya IPB maka akan dilakukan pemeriksaan lapangan terhadap bangunan Anda. Setelah masa IPB berakhir, maka sang pemilik bangunan harus mengajukan Permohonan Kelayakan Menggunakan Bangunan (PKMB).

Nah, tak ada alasan bagi Anda untuk tak membuat gambar bangunan dan RAB sebelum membuat sebuah bangunan. Kepemilikan IMB tentu saja sangat penting terutama jika bangunan Anda digunakan untuk kepentingan bisnis. Kelengkapan syarat-syarat administrasi akan membuat Anda aman saat mungkin ada masalah yang muncul. Segera cari jasa arsitek paling profesional untuk gambar dan RAB bangunan Anda.




 

www.softwarerab.com