Pentingnya Gambar Rencana dan RAB


by : Endang Kusman : 31 Desember 2014

Gambar perencanaan dan rencana anggaran biaya atau RAB merupakan bagian yang sangat penting dalam sebuah perencanaan bangunan. Antara gambar rencana dan RAB sangat erat hubungannya dan antara keduanya saling terkait. Sebelum RAB dapat disusun dan dibuat, terlebih dahulu gambar rencana harus sudah dibuat. Tanpa gambar rencana tidak akan dapat dibuat RAB-nya.

Gambar rencana sebuah bangunan, bangunan apa saja.. gedung, jalan, jembatan, galangan kapal, bandara, termasuk bangunan rumah tinggal perlu dibuat dengan sebaik-baiknya dengan ukuran-ukuran yang tepat pada setiap bagian bangunan. Gambar rencana atau juga disebut gambar teknis diperlukan mulai dari proses perencanaan sampai proses pelaksanaan. Dalam proses perencanaan diperlukan sebagai dasar untuk menghitung anggaran biaya (RAB), sedangkan untuk dalam proses pelaksanaan diperlukan sebagai tolok ukur dan patokan pelaksanaan.

gambar rumah mewah 04
Gambar rencana atau gambar teknis terdiri dari gambar-gambar : Peta situasi, gambar denah, gampar potongan, gambar tampak, gambar instalasi air dan listrik, serta gambar-gambar detail. Gambar detail adalah gambar penjelasansetiap bagian bangunan dengan skala yang lebih besar, seperti detail pondasi, detail kusen, detail pintu dan jendela, detail septik tank, dan detail instalasi.

Rencana Anggaran Biaya (RAB) merupakan gambaran biaya yang diperlukan untuk membangun sebuah bangunan. Dengan adanya RAB dapat dilihat rincian biaya dari setiap pekerjaan sampai total biaya yang diperlukan.

Membangun sebuah bangunan dengan berdasarkan gambar rencana dan RAB apabila dilaksanakan dengan benar, maka hasilnya akan sesuai dengan gambar yang telah direncanakan. Itulah pentingnya gambar rencana dan RAB seblum melaksanakan pembangunan, termasuk membangun ruman.




 

www.softwarerab.com