Mengapa Gambar Perencanaan dan RAB Begitu Penting?


by : Endang Kusman : 10 Sept. 2014

Mengapa gambar perencanaan dan RAB begitu penting dan harus dibuat sebelum membangun rumah? Sebab tanpa gambar desain perencanaan yang baik dan tanpa Rencana Anggaran Biaya (RAB) yang jelas, maka sama sekali tidak ada pedoman untuk melaksanakan pembangunan, dan tanpa perencanaan anggaran yang teliti pengeluaran biaya tidak akan terukur dan terkendali yang akibatnya akan terjadi pemborosan biaya.

gambar desain perencanaan rumah

Kalau pelaksanaan pekerjaan dilakukan secara kerja harian masih lumayan, penyimpangan-penyimpangan masih akan terkontrol. Tapi kalu pekerjaaan dilaksanakan dengan sistem borongan yang hanya berdasarkan luasan bangunan misalnya, maka akan lebih kacau lagi dan sangat sulit untuk mengontrol penyimpangan-penyimpangan, sebab kalau pemborong lebih akan berorientasi kepada profit, apalagi sistem penunjukannya tanpa dokumen gambar dan RAB. Itulah pentingnya gambar perencanaan dan RAB.

Selain berkaitan dengan pelaksanaan, sebuah rumah yang dibangun berdasarkan gambar perencanaan dan RAB akan menambah nilai jual sebuah rumah, sebab dengan kedua dokumen tersebut pembeli rumah memiliki informasi yang sangat penting untuk mengontrol kebenaran konstruksi berdasarkan gambar dan RAB tersebut. Sebab dengan adanya gambar dan RAB akan dapat diketahui dengan jelas setiap material yang digunakan. Apabila pembeli telah merasa yakin akan kebenaran konstruksi sesuai gambar dan RAB akan merasa puas. Terlebih lagi jika desain dan tata ruang rumah memenuhi persyaratan kesehatan dan penampilan rumah yang bagus dan menarik akan berani membeli rumah dengan harga yang tinggi.

Jadi, bagaimana mungkin sebuah bangunan dapat dikerjakan dengan baik tanpa gambar perencanaan dan RAB yang rinci. Oleh karena itu, Anda kalau akan membangun sebuah rumah harus diusahakan memiliki gambar desain rumah dan RAB jauh-jauh hari sebelum membangun. Gambar desain rumah tidak selalu harus membeli, banyak di internet kalau mau mencari model-model desain rumah yang sesuai dengan selera dan sesuai dengan luasan tanah yang anda miliki. Itulah sedikit tips sebelum membangun rumah. Semoga bermanfaat!




 

www.softwarerab.com