Cara Membuat Desain Atap Yang Mudah Perawatannya


Merencanakan desain atap yang mudah perawatannya perlu dilakukan sebelum Anda membangun rumah, khususnya untuk rumah di lingkungan perumahan, dimana antara rumah yang satu dengan lainnya berhimpitan tanpa ada batas tanah kosong. Hal tersebut bisa dilihat dan dirasakan sendiri apabila kebetulan Anda tinggal di lingkungan perumahan, apa lagi perumahan kecil yang luas lahan antara 60 sampai 90 m2.

Atap merupakan bagian yang sangat rawan bocor apabila konstruksi atap dan cara tukang bangunan mengerjakannya kurang baik. Di lingkungan rumah padat yang berdempetan kadang-kadang bocoran yang terjadi di rumah tetangga bisa masuk ke rumah kita, terutama pada bocoran pada dinding perbatasan.

Cara membuat atap rumah di lingkungan rumah padat yang mudah perawatannya sangat simpel, yaitu membuat kombinasi atap genting dan plat beton di tepian atau sekeliling tembok. Plat beton tersebut selain berfungsi sebagai tutup atap dan talang, juga sebagai tempat yang mudah untuk diakses, baik oleh kita sendiri maupun oleh tukang bangunan. Biayanya memang cukup besar di awal, tetapi sangat memudahkan perawatannya sehingga setiap ada bocoran atap mudah sekali untuk memperbaikinya. Sebagai contoh dapat Anda lihat pada gambar atap rumah 2 lantai di bawah ini:

cara membuat desain atap yang mudah pemeliharaannya

Itulah cara merancang desain atap yang mudah perawatannya, terutama untuk rumah-rumah di lingkungan perumahan yang padat. Semoga bermanfaat!




 

www.softwarerab.com