Dengan Software RAB Orang Awam Dapat Membuat RAB Rumah dengan Mudah


Membuat RAB Rumah - Dengan menggunakan software rab Anda yang awam pengetahuan teknik bangunan akan dapat menghitung kebutuhan bahan meterial bangunan dan kebutuhan upah kerja membangun rumah. Benarkah begitu? Saya jamin pasti bisa!

rumah minimalis 150 M2 04


Saya yakin Anda pasti mengenal nama-nama bahan bangunan seperti pasir, batu kali, bata merah, genting, semen, dll. Kemudian Anda juga pasti tahu istilah pekerja bangunan seperti tukang kayu, tukang tembok, kernet. Anda juga pasti tahu nama-nama pekerjaan dalam bangunan seperti lantai, dinding, atap, dll.

Kalau saya tanya berapa kebutuhan biaya untuk membeli semen, pasir, bata merah untuk membangun rumah ukuran 6 x 6 m? dan berapa pula kebutuhan biaya untuk upah kerja? Untuk tang tidak tahu ilmunya maka akan kebingungan bagaimana cara menghitungnya, tapi sebaliknya bagi orang yang memiliki pengetahuan teknik bangunan tentu saja bukan hal yang susah.

Tapi, dengan menggunakan software rab tidaklah begitu.. orang awam akan dapat menghitungnya dengan mudah, tidak perlu belajar lama. Ilustrasi berikut akan memberikan gambaran bagaimana hal tersebut dapat terjadi, silahkan simak baik-baik ilustrasi berikut:

Anda pasti mengetahui bagian rumah yang disebut dinding yang dibuat dengan bahan-bahan seperti batu bata, pasir, semen, dan cat tembok. Coba Anda seandainya sedang berada di kamar tidur ukuran 3 x 3 m dan tinggi plafond 3 m. Coba kira-kira menurut perhitungan Anda berapa m2 luas dinding kamar tidur tersebut? Apabila menurut perhitungan Anda luas dinding = 36 M2.. Ya tepat sekali jawaban Anda, cara menghitungnya 4 x 3m (sisi tembok) x 3m (tinggi plaond) = 36 M2

Setelah Anda mengetahui luas dinding 36 M2, apakah Anda tahu berapa biaya yang diperlukan untuk membuat dinding seluas 36 M2 tersebut? Berapa jumlah pasir, semen, bata merah, cat tembok, upah kerja yang diperlukan? Apabila Anda orang teknik bangunan pasti dapat dengan mudah menghitungnya. Tapi Kalau Anda awam mengenai teknik bangunan.. maka Anda tentunya akan menjawab tidak tahu. Untuk dapat menghitung kebutuhannya perlu waktu untuk belajar.

Dari ilustrasi tersebut saya berfikir mengenai nama-nama bahan bangunan, tukang bangunan, menghitung luas atau volume rata-rata orang awam ilmu bangunan akan mengetahui, tapi mengenai cara menghitung berapa yang diperlukan tidak banyak orang tahu.. kecuali mengetahui ilmunya. Tapi lain halnya kalau Anda menggunakan Software RAB.. Anda tinggal input angka 36 M2 ke Software RAB.. maka dalam hitungan detik semuanya akan terjawab. Bukan hanya pekerjaan dinding, tapi untuk keseluruhan pekerjaan dalam bangunan rumah.. Anda cukup input luas atau volume pekerjaan, RAB rumah otomatis langsung jadi. Bukan hanya RAB, tetapi detail kebutuhan material bangunan Anda akan tahu.

Kelebihan software rab adalah selain dapat membuat secara otomatis RAB rumah berdasarkan item pekerjaan dan total biaya membangun, juga dapat membuat otomatis rincian bahan material yang diperlukan untuk keseluruhan bangunan rumah yang akan Anda bangun.

Dalam praktek menggunakan Software RAB Anda tidak perlu menggunakan gambar yang bagus buataan ahli bangunan, Anda bisa menggunakan gambar yang Anda buat sendiri.. yang terpenting lengkap ukurannya sehingga Anda dapat menghitung luas atau volume setiap pekerjaan untuk diinpuk ke software rab. Sebagai contoh dari sebuah gambar denah yang ukurannya lengkap Anda dapat menghitung lebih dari 60% item pekerjaan seperti : pondasi, lantai, pasangan bata, plesteran, acian, pengecatan dinding, rangka plapond, tutup plapond, rangka atap, tutup atap.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang Software RAB silahkan baca selengkapnya di : Penjelasan Software RAB




 

www.softwarerab.com