Tips dan Cara Menghitung RAB Rumah Termudah


Diposkan : 10 Januari 2015
Oleh : Endang Kusman


Mungkin pada saat ini Anda sedang meraencanakan akan membangun rumah impian Anda yang gambar desainnya sudah dipersiapkan mulai dari gambar denah, tampak, potongan, dan gambar detail. Namun Anda belum sempat menghitung berapa anggaran biaya yang diperlukan untuk membangun kerena Anda belum mengetahui cara menghitung RAB rumah. Ada 3 cara menghitung rab rumah sebagai berikut:

desain_rumah_mewah 02

Cara pertama,adalah dengan berdasarkan kira-kira yaitu dengan sistem M2, yaitu dengan cara mengalikan jumlah luas bangunan dengan perkiraan biaya membangun per M2. Misalnya luas bangunan 100 M2, kemudian biaya membangun per M2 = Rp. 3.000.000,- yang hasilnya adalah Rp. 300.000.000,-. Cara seperti ini merupakan cara yang sangat sederhana dan paling mudah, namun tentu saja nilai tersebut tidak bisa dipertanggung jawabkan kebenarannya, sebab itu hanya berdasarkan perkiraan. Cara tersebut merupakan cara-cara yang biasa dilakukan oleh seorang tukang borong. Dan perkiraan tersebut biasanya berdasarkan pengalaman tukang yang bersangkutan terhadap bangunan yang telah dibangun pada beberapa eaktu yang lalu, yang tentu saja sangat tidak dapat dipertanggungjawabkan validitasnya.

Cara kedua, adalah cara berdasarkan ilmu membuat RAB bagunan yang biasa dilakukan oleh perencana konstruksi. Dasar perhitungannya adalah dalam menentukan setiap harga satuan pekerjaan menggunakan Analisa Harga Satuan Pekerjaan Konstruksi (AHS-SNI). Cara tersebut adalah cara yang akurat, dimana hasil perhitungan biaya akan mendekati kebenaran. Namun cara seperti ini hanya orang-orng tertentu yng memiliki keahlian yang dapat mengerjakannya, sedangkan orang awam tentu saja tidak akan bisa, sebab harus mempalajari dulu ilmunya.

Cara ketiga adalah persis seperti cara ke dua, namun menggunakan alat bantu yaitu sebuah aplikasi sederhana menggunakan program excel yang saya beri nama "Software RAB Rumah". Dengan cara menggunakan software rab lebih mudah dan bisa dilakukan oleh orang awam, sebab Anda cukup hanya menghitung volume pekerjaan dan melakukan editing harga bahan dan upah sesuai harga setempat, selanjutnya AHS-SNI yang sudah saya tanam di dalam software rab dan akan bekerja secara otomatis menghitung RAB rumah Anda, dan RAB rumah otomatis langsung jadi. Bukan hanya itu, ada kelebihan lain dari software rab yaitu Andapun akan punya daftar kebutuhan material yang diperlukan dan tidak akan didapatkan dengan cara kedua. Cara ketida ini sangat membantu bagi orang awam yang akan belajar menghitung rab rumah, dan akan mempercepat pekerjaan pembuatan rab rumah bagi Anda yang sudah terbiasa mengerjakan RAB bangunan secara manual seperti cara kedua.

Itulah sekilas tentang ketiga cara menghitung rab rumah, dan cara ketiga merupakan cara menghitung rab rumah yang paling mudah, tapi hasilnya mendekati kebenaran.Baca penjelasannya DI SINI..




 

www.softwarerab.com