Menghitung Biaya Bahan dan Upah Kerja Bangun Rumah menggunakan Software RAB


Mungkin diantara Anda ada yang punya rencana untuk membangun atau renovasi rumah di lingkungan perumahan, kavling, atau pemukiman biasa. Sebelum melaksanakan rencana tersebut tentu ada beberapa hal penting yang perlu ada, diantaranya gambar rencana minimal draft, selanjutnya biaya. Berdasarkan gambar rencana kita dapat menghitung kebutuhan biaya yang meliputi kebutuhan bahan bangunan dan biaya upah kerja.

Cara menghitung biaya yang kita perlukan, bisa menghitung sendiri atau meminta bantuan ahlinya jika dana memungkinkan. Untuk bangunan rumah sederhana rasanya kita tidak perlu meminta bantuan orang ahli, sebab biayanya lumayan besar sekitar 5% x total biaya untuk membuat gambar rencana dan menghitung biaya (RAB) umah kita.

Ada cara menghitung biaya membangun rumah yang cukup mudah dan bisa dilakukan oleh orang yang tidak memiliki pengetahuan sesuai bidangnya, yaitu menggunakan alat bantu berupa aplikasi sederhana MS-EXCEL yang namanya Software RAB.

Software RAB sangat membantu terutama bagi Anda yang tidak memiliki keahlian bidang bangunan atau arsitektur. Alat ini akan mengerjakan atau memroses bagian-bagian perhitungan yang memerlukan keahlian bangunan, yakni mengotomatisasikan langkah-langkah manual proses perhitungan Analisa Harga Satuan Pekerjaan.

Tetapi sebelum menggunakan alat tersebut ada pekerjaan perhitungan dan penyesuaian harga satuan bahan bangunan dan upah kerja yang harus Anda kerjakan terlebih dahulu sebelumnya.

Sebelum Anda menggunakan Software RAB, Anda harus menghitung volume pekerjaan bangunan rumah Anda berdasarkan gambar atau draf bangunan rumah yang direncanakan. Gambar tidak harus bagus, cukup dimengerti dan lengkap dengan ukuran-ukurannya.

Misalkan Anda akan membangun rumah dengan luas 100 m2, 2 lantai. Rata-rata setiap orang yang akan membangun rumah sekalipun mereka orang awam, pasti punya keinginan tertentu dalam menentukan tata ruang (denah), dan rata-rata orang bisa membuat denah berikut ukurannya, mungkin tremasuk Anda juga demikian bukan? Nah, kalau benar demikian.. maka dari gambar denah tersebut kita sudah bisa menghitung volume galian pondasi, volume pasangan pondasi, luas lantai, luas plapond, luas daun pintu, volume kusen. Kemudian Anda juga pasti tahu berapa tinggi dinding yang diinginkan, sehingga Anda juga bisa menghitung luas dinding. Luas dan volume yang saya sebutkan barusan adalah luas/volume satuan pekerjaan pada rumah Anda.

Apabila Anda sudah tahu luas dan volume satuan pekerjaan tersebut, maka selanjutnya Anda harus menghitung harga satuan setiap pekerjaan tersebut kemudian dikalikan dengan volume atau luas yang sudah Anda hitung sendiri. Nah, untuk menentukan harga satuan itu memerlukan keahlian sesuai bidangnya, Anda bukan tidak bisa.. melainkan perlu belajar lama untuk itu jika seandainya saya berikan analisa harga satuannya kepada Anda. Oleh karena itu solusi yang paling tepat adalah menggunakan Software RAB. Anda tinggal input luas dan volume hasil perhitungan Anda, kemudian ubah harga satuan bahan bangunan dan upah kerja yang ada pada bawaan software rab, maka selesailah pembuatan RAB rumah Anda. Anda akan segera tahu berapa biaya bahan dan upah kerja yang diperlukan untuk membangun Rumah Anda.

Untuk mendapatkan software rab cukup mudah dan Anda tidak akan menghabiskan uang seharga 2 Zak Semen untuk membeli alat bantu Software RAB. Untuk mendapatkannya silahkan baca penjelasanlengkap di home pagei www.softwarerab.com Satu hal lagi untuk dapat menggunakan Software RAB, Anda harus bisa menggunakan MS-EXCEl, atau bisa juga meminta bantuan kepada anak-anak Anda yang biasanya mereka sudah familiar menggunakan MS-Excel.


  • gogle plus - softwarerab.com
  • Facebook - softwarerab.com
  • yahoo.com - softwarerab.com
  • Digg.com - softwarerab.com
  • Linkedin.com -softwarerab.com
  • StumbleUpon.com - softwarerab.com
  • Del.icio.us - softwarerab.com
  •  - softwarerab.com
  •  lintas.me - softwarerab.com
  •  Alexa.com - softwarerab.com
  •  tumblr.com - softwarerab.com
  • youtube.com - softwarerab.com

 

www.softwarerab.com