cara menggunakan software rab

Panduan Singkat Cara Menggunakan Software RAB

Cara menggunakan/menjalankan software RAB ini sangat mudah, apabila Anda sudah membeli dan mendapatkannya dan folder Alat-Rab sudah ditempatkan pada komputer Anda, maka Anda tinggal buka file Menu.xlsx kemudian masukan password, maka Software RAB sudah diap digunakan.

Setelah menu Software RAB terbuka, maka Anda tiinggal mengikuti dan memilih menu:

1. Edit harga satuan bahan material dan upah kerja.

Langkah pertama melakukan edit harga satuan bahan material dan upah kerja. Harga satuan yang yang sudah ada adalah bawaan Analisa Harga Satuan (AHS-SNI). Agar output nilai RAB Rumah Anda sesuai dengan harga bangunan saat ini, maka Anda harus menggantinya dengan harga yang sesuai di lingkungan Anda. Untuk mendapatkan harga terbaru bahan-bahan bangunan, Anda bisa menghubungi beberapa toko material di kota Anda dengan cara mengambil nomor telpon beberapa toko material di buku telpon. Ambil 10 atau lebih nomor telpon, per toko kita bisa menayakan 2 atau 3 macam bahan material, sehingga tidak merepotkan mereka.

Untuk harga satuan upah kerja harian pekerja bangunan bisa menayakan ke tetangga Anda. Anda cukup mengetahui harga upah tukang dan pekerja. Padahal untuk keperluan analisa software rab perlu upah tukang kayu, tukang besi, tukang instalasi, kepala tukang, dan mandor. Tapi, Anda tidak perlu memikirkan hal itu, Anda cukup input upah tukang dan pekerja, biar sistem akan mengolah harga satuan upah lainnya.

2. Edit volume pekerjaan.

Pada software semua volume pekerjaan sudah terisi terisi angka 0 (nol). Tugas anda adalah menghitutung secara manual volume pekerjaan sesuai dengan gambar rumah Anda. Gambar dimaksud tidak harus gambar yang dibuat oleh arsitek kalau memang tidak ada. Anda bisa membuat konsep sendiri, terutama denah rumah dan ukurannya, kusen pintu dan jendela dan ukurannya, dst. Dengan gambar denah saja Anda sudah dapat mengetahui luas lantai, luas plapond, volume sloof, volume tiang kolom, volume ring balok. Dengan gambar kusen pintu dan jendela, Anda dapat mengetahui volume kusen, luas daun pintu, luas daun jendela, luas kaca, dan seterusnya. Jadi untuk keperluan menghitung volume pekerjaan tidak perlu repot-repot menyuruh orang untuk menggambar. Dengan mengetahui luas dan volume pekerjaan dimaksud, jika Anda menggunakan Software RAB ini, maka Anda sudah bisa membuat sendiri RAB Rumah Anda dengan mudah.

3. Melihat atau mencetak ke Printer : RAB dan Rincian Kebutuhan Material

Setelah menyelesaikan editing harga satuan bahan/upah dan edit volume pakerjaan, maka selesailah pembuatan RAB Rumah Anda. Anda tinggal melihat atau mencetaknya ke printer.

Itulah cara dan petunjuk singkat mengenai cara penggunaan Software RAB. Software RAB memang merupakan alat bantu dan cara mudah untuk menghitung sendiri RAB rumah, walaupun Anda tidak memiliki keahlian bidang bangunan/sipil. Ok! selamat menggunakan Software RAB.

Dengan mengetahui nilai biaya bangunan dan mengetahui rincian kebutuhan bahan bangunan sebelum Anda membangun/merenovasi rumah Anda, maka Anda akan mengetahui jumlah biaya yang harus disiapkan dengan tepat, sebab nilai biaya estimasi didapatkan bukan berdasarkan kira-kira, melainkan diproses secara empiris dengan menggunakan Analisa harga satuan yang berlaku (AHS-SNI).

4. Mengakhiri Kerja Excel

Ketika mengakhiri bekerja di Excel (File-Exit) jangan lupa save semua filedengan memilih Yes to All.

 

Membuat Duplikat Software RAB

Software RAB terdiri dari beberapa file excel yang tersimpan dalam sebuah folder Alat-RAB, hanya untuk menghitung 1 RAB Rumah. Apabila Anda ingin menghitung lebih dari 1 Rab Rumah, maka Anda harus membuat duplikat Software RAB dengan cara menyimpan beberapa folder Alat-RAB dengan nama folder yang berbeda, caranya :

  1. Buat Direktori Khusus, misalnya : "RAB RUMAH" dalam komputer Anda
  2. Copy folder Alat-RAB ke direktori "RAB RUMAH"
  3. Ganti nama folder Alat-RAB misalnya menjadi "RAB-01", kemudian copy lagi dan ganti nama menjadi "RAB-02" dan seterusnya. Memberi nama nama folder bebas sesuai keperluan Anda!
 

 

 

Copyright @ 2014 softwarerab.com. All rights reserved

Contact - Sitemap - Privacy - XHTML- Feed