Cara Membuat RAB Rumah Menggunakan Software RAB


Diposkan : 23 Februari 2014

Software RAB sengaja saya buat untuk membantu mempermudah dan mempercepat pekerjaan membuat RAB rumah. Software RAB merupakan aplikasi sederhana yang menggunakan MS-Excel sebagai alat bantu yang sangat berguna untuk mengetahui anggaran kebuthuhan biaya membangun rumah, terutama bagi Anda yang kurang memiliki dasar pengetahuan teknik bangunan.

Bagi Anda yang awam akan bangunan, maka software rab bisa dijadikan alat untuk belajar membuat rab rumah, sedangkan bagi Anda yang sudah terbiasa membuat RAB rumah akan menjadi alat bantu untuk mempercepat pekerjaan.

Cara membuat RAB rumah menggunakan Software RAB :

RAB bangunan pada umumnya termasuk RAB rumah merupakan sebuah tabel excel yang terdiri dari kolom-kolom : Uraian Pekerjaan, Satuan, Volume, Harga satuan, Jumlah. Lihat contohnya di sini..

Uraian pekerjaan : berisi nama-nama pekerjaan seperti : Pekerjaan Pondasi, Pekerjaan Beton, Pekerjaan Pasangan, Pekerjaan Kayu dsb. Setiap pekerjaan tersebut mempunyai sub pekerjaan seperti yang telah Anda lihat pada contoh RAB tadi.

Satuan : adalah satuan ukuran dari setiap pekerjaan. Satuan pekerjaan : m3, m2, buah, unit, dsb. Contoh : galian tanah pondasi satuan pekerjaannya dalah m3, sedangkan lantai adalah m2, dst.

Volume : volume pekerjaan adalah jumlah satuan pekerjaan. Contoh pekerjaan galian tanah 20 m3, lantai = 100 m2, pasangan bata = 200 m2 dst.

Harga Satuan : adalah harga setiap satuan pekerjaan. Contoh pekerjaan galian tanah = Rp. 25.000, pekerjaan lantai keramik = Rp. 90.000. Harga satuan setiap kekerjaan tidak ada di pasaran, sebab harga satuan pekerjaan konstruksi harus dihitung dengan menggunakan analisa harga satuan (AHS-SNI).

Jumlah = jumlah biaya per pekerjaan adalah hasil perkalian dari volume dengan harga satuan.

Setelah memahami isi dari tabel RAB, maka langkah pertama yang harus kita lakukan dalam proses pembuatan RAB adalah menghitung volume setiap pekerjaan. Menghitung volume pekerjaan seperti pekerjaan yang ada pada tabel RAB yang telah Anda lihat tadi. Penghitungan volume pekerjaan harus dilakukan secara manual dan hati-hati dengan menggunakan bahan acuan yaitu gambar rumah yang sudah kita miliki, baik membuat sendiri maupun hasil kerja orang lain.

Selanjutnya Anda harus menghitung harga satuan setiap pekerjaan dengan menggunakan analisa harga satuan (AHS SNI). Nah, bagi Anda yang kurang memahami bidang ini akan merasa kesulitan, maka dengan Software RAB Anda tidak perlu melakukan langkah pekerjaan tersebut, sebab Software Rab akan bekerja mengotomatiskan penggunaan AHS-SNI. Anda hanya menginput volume pekerjaan yang telah Anda hitung ke Software RAB. Selain itu pada software rab Anda harus menginput harga bahan material sesuai harga di tempat Anda. Setelah menginput volume pekerjaan dan harga material, maka RAB rumah anda sudah selesai tinggal mencetak ke printer. Selain RAB, juga Anda akan mendapat tabel rincian bahan material yang diperlukan.

Dengan menggunakan Software RAB, maka pekerjaan pembuatan RAB rumah menjadi mudah. Penjelasan selengkapnya tentang Software RAB silahkan buka halaman utama website ini, klik di sini.. Terima kasih Anda telah membaca informasi pada halaman ini.




 

www.softwarerab.com