Cara Membuat Plesteran Dinding Agar Hasilnya Baik


Cara membuat plesteran dinding agar hasilnya baik, berkualitas, dan memuaskan harus dilakukan oleh tukang batu yang berpengalaman dan menggunakan bahan material berkualitas serta dilakukan dengan cara-cara dan tahapaan-tahapan pelaksanaan pekerjaan yang benar.

Pekerjaan plesteran yang baik dan berkualitas akan terlihat enak dipandang mata, rata, tegak lurus, tidak bergelombang, tidak retak, kuat dan keras. Mungkin Anda sering melihat dinding tembok rumah yang kurang sedap dipandang mata yang kebalikan dari yang saya singgung di atas, biasanya di perumahan-perumahan sangat sederhana. Mengapa bisa seperti itu? Baiklah akan saya sampaikan bagaimana agar tidak seperti itu.

gambar rumah modern 02


Kualitas

Plesteran + acian dinding tembok merupakan bagian pekerjaan finishing, kualitas plesteran yang baik adalah menggunakan bahan material yang berkualitas dan menggunakan campuran adukan yang disyaratkan. Adukan plesteran yang umum digunakan adalan adukan semen dan pasir. Perbandingan campuran adukan ada beberapa aturan yang diharuskan mulai campuran 1 semen : 3 pasir, 1 semen : 4 pasir, dan 1 semen : 6 pasir. Yang terakhir adalah campuran yang terendah dan jangan membuat campuran lebih rendah lagi. Semakin banyak perbandingan jumlah pasirnya, maka kualitas adukan plesteran akan semakin kurang baik. Kualitas plesteran lebih mengacu pada kekuatan.

Membuat adukan dengan perbandingan campuran yang tidak baik juga akan mengakibatkan terjadinya keretakan atau pecah-pecah pada permukaan dinding. Selain perbandingan campuran ada yang yang tidak kalah pentingnya yaitu kualitas bahan material, terutama pasir. Pasir yang digunakan haruslah pasir yang berkualitas, yaitu pasir yang tidak mengandung lumpur atau tanah. Pasir yang digunakan adalah pasir pasang, bisa juga menggunakan pasir beton untuk campuran adukan 1 semen : 3 pasir.

Kerapian Pekerjaan

Pekerjaan plesteran dan acian yang rapi akan terlihat enak dipandang mata, tegak lurus, permukaannya rata tidak bergelombang, setiap sudut ruangan atau pinggiran kusen rapi tidak terlihat lekukan. Untuk dapat menghasilkan pekerjaan plesteran+acian yang rapi perlu dilakukan sbb:
  • Menggunakan tukang batu yang berpengalaman
  • Dalam membuat kepalaan dilakukan dengan pengukuran yang tepat.
  • Waktu melakukan pekerjaan plesteran harus menggunakan mistar aluminium, tidak boleh menggunakan gosokan kayu
  • Dalam mengerjakan pekerjaan acian harus menggunakan gosokan logam yang berukuran panjang, agar permukaan acian tidak bergelombang.
  • Pengawasan yang cukup dari pihak owner
Untuk mengetes bahwa pekerjaan plesteran dan acian tidak bergelombang bisa dilakukan dengan cara menggunakan lempu senter, caranya tempelkan lampu senter sejajar dengan dinding lalu nyalakan, dan jika bergelombang akan kelihatan jelas, langkah selanjutnya segera perbaiki. Jika tukang batu melakukannya berulang-ulang, berarti harus diganti dengan tukang batu yang benar-benar berpengalaman mengerjakan pekerjaan plesteran dan acian dinding.

Itulah sekilas cara membuat plesteran dinding agar hasilnya baik dan berkualitas. Semoga apa yang saya sampaikan di atas ada manfaatnya dan dapat menambah sedikit pengetahuan bagi Anda.




 

www.softwarerab.com