Cara Membangun Rumah Biaya Murah


Supaya kita bisa membangun rumah biaya murah tetapi tetapi tidak mengurangi kekuatan bangunan, maka kita bisa melakukan pilihan yaitu membedakan mana bagian konstruksi bangunan yang vital (utama) dan mana bagian bangunan yang tidak vital dan bisa menggunakan bahan material standard.

gambar rumah modern 06
Biaya membangun rumah sebenarnya relatif dan fleksibel, bisa murah dan juga bisa mahal. Semuanya sangat ditentukan oleh kualitas bahan material yang akan kita gunakan, juga model desain rumah yang akan kita bangun.

Sebagai contoh, ada bahan material untuk lantai yang harganya jutaan rupiah per meter persegi, sedangkan bahan material lantai termurah bisa menggunakan keramik standard atau tegel semen yang harganya kurang dari Rp. 50.000 per meter persegi. Untuk bahan sanitair juga begitu mulai dari 50 ribuan rupiah sampai puluhan juta rupiah ada. Jadi seperti saya jelaskan di atas bahwa material yang digunakan sangat mempengaruhi biaya membangun. Dan masih banyak lagi jenis bahan meteial yang memiliki harga bervariasi.

Lantas, bagaimana cara menentukan pilihan bahan material agar kita membangun rumah biaya murah tetapi kekuatan bangunan tetap terjamin. Jawabannya sebagai berikut:

Pekerjaan Struktur

Pekerjaan struktur adalah bagian pekerjaan dalam bangunan yang sangat vital dan jangan sekali-kali mengurangi kualitasnya. Yang dimaksud pekerjaan struktur adalah : Pondasi, Beton Kolom, Beton Sloof, Balok Beton. Untuk pekerjaan-pekerjaan tersebut jangan sekali-kali mengurangi kualitasnya dengan cara menghemat semen, mengurangi ukuran diameter besi beton, serta ceroboh dalam memilih bahan material seperti batu kali, pasir, dan koral beton. Untuk mendapatkan kualitas yang baik agar pekerjaan struktur rumah kita berkualitas gunakan perbandingan campuran sesuai dengan yang tercantum dalam RAB dan gambar rumah, awasi pelaksanaan pekerjaannya jangan sampai terjadi penyimpangan.

Pekerjaan Non Struktur

Untuk Pekerjaan non struktur kita bisa menggunakan bahan material standard yang harga dipasaran bervariasi. Hanya ada satu b>pekerjaan non struktur yang tidak boleh dikurangu kualitasnya yaitu plat lantai beton jika rumah 2 lantai. Selain dari plat lantai beton hampir semuanya bisa menggunakan bahan standard.

Bahan-bahan material sdandard yang harganya bervariasi dan kita bisa memilih yang termurah seperti : bahan dinding, bahan penutup lantai, rangka dan penutup plapond, rangka dan penutup atap, cat tembok, bahan sanitair (kloset, bak air, keran, dll). Dengan menggunakan bahan material standard tersebut maka sudah jelas kita akan mengurangi biaya membangun, sehingga kita bisa membangun rumah biaya murah tetapi kekuatan bangunan tetap terjamin.

Kiranya sebagai gambaran buat Anda tentang cara membangun rumah biaya murah yang telah saya uraikan secara singkat tersebut mudah-mudahan dapat dapat difahami dan dapat diaplikasikan pada bangunan rumah Anda, terutama bagi Anda yang pada saat ini sedang merencanakan akan membangun sebuah rumah idaman.




 

www.softwarerab.com