Buat RAB Agar Anda Tak Dikelabui Pekerja Bangunan


by : Endang Kusman : 19 September 2014

Salah satu cara agar saat membangun sebuah rumah Anda tidak ditipu para pekerja adalah dengan membuat Rencana Anggaran Biaya (RAB) sebelum membuat rumah tersebut. Ada banyak cara untuk membuat RAB. Bisa dibuat secara manual, memanfaatkan jasa arsitek atau dengan menggunakan software yang bisa Anda dapatkan di tempat kami.

membuat rab rumah
Dengan menggunakan software rab Anda bisa membuat rab rumah dengan nilai yang mendekati kepastian, sebab perhitungan software rab berdasarkan analisa harga satuan yang biasa digunakan oleh konsultan perencana konstruksi. Dengan memiliki RAB rumah yang kita hitung sendiri, manfaatnya selain mengetahui bahan material, juga kita bisa mengetahui total biaya keseluruhan bahan dan upah. Dengan mengetahui keseluruhan, maka ketika kita akan melaksanakannya baik dengan cara sistem diborongkan maupun sistem upah harian, kita sudah memiliki pedoman sehingga kita tidak bakal dikelabui oleh orang-orang yang akan mengerjakan bangunan rumah kita.

Nah, jika Anda punya pengalaman yang tak mengenakkan dengan para pekerja yang bertindak tidak jujur, sudah saatnya Anda kini memilih cara cerdas. Cara yang paling mudah dalam menghitung RAB tentunya dengan menggunakan software karena ini bisa dilakukan oleh Anda sendiri di dalam rumah.

Hal di atas adalah salah satu dari sekian banyak keuntungan jika Anda mendirikan bangunan dengan menggunakan RAB. Masih banyak keuntungan lainnya yang bisa didapatkan, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Jenis pekerjaan apa saja yang akan digunakan untuk diadakan/ dibeli (apabila dikerjakan sendiri.
  2. Volume macam- macam bahan yang akan dibutuhkan dalam membuat rumah dapat diketahui.
  3. Jumlah biaya yang diperlukan untuk pembuatan rumah tersebut dapat diperkirakan sehingga perputaran keuangan dapat diatur.
  4. Pekerjaan apa saja yang sudah ataupun yang belum selesai dikerjakan (apabila dikerjakan pihak kedua/ orang lain dapat di control.
  5. Pemilik dapat terbantu dalam bernegoisasi tentang harga penawaran kontraktor atau pihak kedua( apabila pekerjaan pembuatan rumah tersebut akan dikerjakan orang lain) sehingga tidak akan merugikan pemilik sebagai pihak pertama.
  6. Untuk mengetahui berapa besar rencana biaya yang diperlukan untuk menyelesiakan kegiatan sebelum kegiatan tersebut dilaksanakan.
  7. Mengetahui jumlah/volume kebutuhan tenaga kerja, bahan dan alat yang diperlukan untuk menyelesaikan kegiatan.
  8. Sebagai pedoman pada saat pelaksanaan kegiatan pembangunan prasarana, khususnya pada saat melakukan pengadaan tenaga kerja, bahan dan alat, baik menyangkut jumlah, jenis, maupun harga satuannya masing-masing.

Hal yang perlu dipahami disini bahwa RAB sifatnya adalah suatu perkiraan/rencana, artinya bahwa nilai volume maupun harga satuan tiap jenis tenaga/bahan/alat yang paling menentukan dalam penyelesiaan pekerjaan ádalah nilai kebutuhan nyata (realisasi) dilapangan. Dan seharusnya nilai realisasi ini sama atau tidak berbeda jauh dengan RAB yang dibuat sebelumnya.




 

www.softwarerab.com