spacer
batas tengah
HOME

Analisa Harga Satuan Pekerjaan Konstruksi - AHS SNI

Analisa Harga Satuan Pekerjaan (AHS-SNI) adalah alat untuk menghitung harga satuan pekerjaan konstruksi yang diterbitkan oleh instansi terkait pada setiap Pemerintah Daerah di seluruh wilayah Indonesia. Yang biasa menggunakan AHS-SNI adalah para konsultan perencana, konsultan pengawas, dan kontraktor pelaksana konstruksi dalam rangka melaksanakan kegiatan yang berkaitan dengan bidang yang menjadi kewenangan masing-masing dalam melaksanakan pekerjaan jasa konstruksi.

Analisa harga Satuan Pekerjaan Konstruksi (AHS-SNI) diterbitkan seiap tahun. Yang berubah dari setiap terbitan AHS-SNI biasanya harga satuan bahan dan upah yang diberlakukan. Koefisien AHS relatif tetap, yang berubah hanya format. Sebagai contoh pada AHS-SNI 2011 setiap satuan pekerjaan dikelompokan sendiri-sendiri, seperti analisa pekerjaan pondasi, analisa pekerjaan tanah, analisa pekerjaan beton dst., sehingga pengguna lebih mudah menggunakannya

AHS-SNI dikemas dalam sebuah file ms-excel. Setiap item AHS disimpan dalam sheet. Komponen AHS-SNI terdiri dari : Analisa Harga Satuan Pekerjaan, Harga Satuan Upah, harga Satuan Bahan, dan Harga Satuan Pekerjaan. Analisa Harga Satuan terdiri dari uraian pekerjaan, volume (koefiseien) pekerjaan, harga satuan upah, dan harga satuan bahan. gabungan hasil perkalian antara koefisien/volume dengan harga satuan menjadi harga satuan pekerjaan. Harga bahan material dan upah kerja merupakan standard harga yang ditetapkan oleh instansi terkait, dan setiap tahun biasanya berubah sesuai perkembangan harga pasar. Harga satuan pekerjaan adalah hasil perhitungan berdasarkan analisa harga satuan, harga satuan bahan, dan harga satuan upah.

Untuk melihat setiap Analisa Harga Satuan Pekerjaan, Anda dapat melihat pada materi sebagai berikut :

Materi Terkait :

 

 

 

 

 

spacer  
HOME 
Copyright @ 2014 softwarerab.com. All rights reserved.