Untuk Apa Rab Rumah Perlu Dibuat?


Rab Rumah
Untuk sekedar membuka pembicaraan seberapa pentinya membuat Rencana Anggaran Biaya atau RAB ketika seseorang berencana akan membangun atau merenovasi sebuah rumah. Ada baiknya mari kita simak beberapa pertanyaan sebagai berikut :

Untuk apa membuat Rab Rumah? Apakah tanpa Rab Rumah, bisa membangun dengan baik? Berapa biaya membuat Rab Rumah yang harus dikeluarkan untuk jasa pembuatan Rab Rumah?

Satu persatu akan saya jawab pertanyaan di atas :

Jawaban pertanyaan pertama : RAB Rumah penting dibuat ketika seseorang akan merencanakan membangun atau merenovasi sebuah rumah. Dengan mengetahui anggaran biaya atau RAB, maka kita akan dapat mempersiapkan berapa biaya yang diperlukan untuk membangun. Jika hal ini tidak dilakukan, maka kita tidak dapat mempersiapkan biaya dengan tepat. Banyak orang-orang yang mengabaikan hal ini, biasanya hanya bertanya-tanya pada orang lain, atau memprediksi sendiri biaya per meter persegi, yang akhirnya meleset jauh kemana-mana.. sehingga bangunan yang dibuatnya tidak sesuai dengan anggaran yang tersedia.

Jawaban pertanyaan kedua : Tanpa Rencana Anggaran Biaya tidak akan dapat membangun rumah dengan baik dan sempurna. Membangun rumah tanpa RAB sama saja dengan bekerja tanpa ilmu. Sebagaiman diketahui bahwa munculnya RAB adalah dengan berdasarkan Gambar-gambar lengkap. RAB dan gambar merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Tanpa gambar tidak akan membuat RAB. Jika Anda minta bantuan konsultan perencana konstruksi, tidak akan bisa dengan hanya minta dibuatkan RAB saja, sebab harus satu paket dengan gambar dan desainnya.

Jawaban pertanyaan ketiga : Biaya pembuatan RAB sudah merupakan paket perencanaan apabila kita akan memesan kepada ahlinya. Paket perencanaan meliputi pembuatan gambar dan desain rumah. Dengan berdasarkan gambar itulah si perencana/ahli dapat menyusun RAB. Biaya pembuatan perencanaan konstruksi termasuk perencanaan sebuah rumah berdasarkan tabel harga yang ditetapkan oleh instansi berwenang, berkisar 4% sd. 6% x nilai fisik bangunan. Apabila nilai fisik bangunan 1 M, maka biaya membuat perencanaannya sekitar 40 sd. 60 juta rupiah. Mahal juga ya?!

Nah, kalau nilai rumah Anda 200 juta, maka biaya perencanaannya sekitar 8 sd. 12 juta rupiah. Sayang ya! Maka sebenarnya kalau untuk rumah sederhana yang nilainya 100 sd. 200 jt, kita bisa membuat gambar sendiri tidak perlu bagus, yang penting ukurannya jelas agar dapat dihitung biayanya, segingga kita dapat memiliki RAB. Lantas bagaimana cara menghitungya? Gampang! Saya telah membuat alat menghitung RAB Rumah yang saya beri nama Software RAB Rumah Sederhana. Baca selengkapnya..




 

www.softwarerab.com