Inilah Akibatnya Jika Membangun Rumah Tanpa Gambar dan RAB


by : Endang Kusman : 21 September 2014

Banyak orang berpikir, bahwa membangun sebuah bangunan yang menggunakan gambar perencanaan atau Rancangan Anggaran Biaya (RAB) hanya digunakan untuk bangunan-bangunan besar yang membutuhkan modal besar. Sedangkan membangun rumah sederhana atau rumah pribadi tak membutuhkan dua hal tersebut. Anggapan ini salah, karena untuk membuat sebuah bangunan yang profesional harus dimulai dari bangunan yang kecil. Akan lebih hemat dan profesional jika bangunan sesederhana apapun tetap menggunakan gambar rancangan dan RAB.

Pembuatan gambar dan RAB idealnya diserahkan kepada arsitek. Alasan memakai arsitek itu mahal, sepertinya masih terpatri di benak banyak orang. Padahal, keberadaan arsitek jelas-jelas sangat membantu, khususnya bagi Anda yang benar-benar ingin membangun rumah secara bertahap. Berikut ini perbandingan pertimbangan membangun rumah dengan arsitek dan membangun rumah tanpa arsitek.

RAB Rumah penting dibuat ketika seseorang akan merencanakan membangun atau merenovasi sebuah rumah. Dengan mengetahui anggaran biaya atau RAB, maka kita akan dapat mempersiapkan berapa biaya yang diperlukan untuk membangun. Jika hal ini tidak dilakukan, maka kita tidak dapat mempersiapkan biaya dengan tepat. Banyak orang-orang yang mengabaikan hal ini, biasanya hanya bertanya-tanya pada orang lain, atau memprediksi sendiri biaya per meter persegi, yang akhirnya meleset jauh kemana-mana.. sehingga bangunan yang dibuatnya tidak sesuai dengan anggaran yang tersedia.

Tanpa Rencana Anggaran Biaya tidak akan dapat membangun rumah dengan baik dan sempurna. Membangun rumah tanpa RAB sama saja dengan bekerja tanpa ilmu. Sebagaimana diketahui bahwa munculnya RAB adalah dengan berdasarkan Gambar-gambar lengkap. RAB dan gambar merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Tanpa gambar tidak akan membuat RAB. Jika Anda minta bantuan konsultan perencana konstruksi, tidak akan bisa dengan hanya minta dibuatkan RAB saja, sebab harus satu paket dengan gambar dan desainnya. Biaya pembuatan RAB sudah merupakan paket perencanaan apabila kita akan memesan kepada ahlinya. Paket perencanaan meliputi pembuatan gambar dan desain rumah. Dengan berdasarkan gambar itulah si perencana/ahli dapat menyusun RAB.

Bagaimana jika sebuah bangunan tidak menggunakan gambar rancangan dan RAB? Berikut ini beberapa hal yang mungkin bisa saja terjadi:

  1. Pemborosan anggaran karena tidak ada perkiraan sebelumnya yang jelas. Terlebih jika Anda memakai jasa pemborong yang tidak profesional, maka akan semakin membengkak lah anggaran pengeluaran Anda.
  2. Bisa jadi bangunan yang Anda prediksi sebelumnya berubah setelah jadi, baik kekuatan, kekokohan maupun model desain yang ada. Ya, karena memang semuanya diawali dengan tidak terencana, jadi semuanya kondisional.
  3. Kesalahan penghitungan RAB bahkan bisa menyebabkan kebangkrutan, baik di pihak pemborong maupun pihak pemilik bangunan.

Masih banyak dampak buruk lainnya jika pembuatan rumah atau bangunan tanpa menggunakan gambar dan RAB. Jadi silahkan gunakan jasa arsitek paling profesional agar Anda terhindar dari masalah tersebut.




 

www.softwarerab.com