Akibat dari Membangun Rumah Tanpa Perencanaan dan RAB


By Endang Kusman, 3 Desember 2014

 

Membangun sebuah rumah bukan seperti halnya membuat kue atau makanan lainnya yang tanpa perencanaanpun bisa dikerjakan dengan hasil yang tidak mengecewakan, atau walaupun gagal biayanya pun murah. Lain halnya dengan membangun sebuah rumah sekecil apapun pasti memerlukan biaya puluhan hingga ratusan juta rupiah.

gambar rencana rumah
Oleh karena itu, sekecil apapun rumah yang akan dibangun memerlukan perencanaan yang matang dan cermat, mulai dari gambar rencana, bahan material yang akan digunakan, dan menyediakan biaya yang diperlukan dengan membuat rencana anggaran biaya (RAB) sesuai ukuran gambar dan bahan material yang nanti akan digunakan.

Dengan menyusun RAB sesuai gambar rencana, maka ketika pelaksanaan pekerjaan dimulai sampai selesai kita punya pedoman untuk mengevaluasi jalannya proses pelaksanaan, mulai dari memantau penggunaan material, penggunaan biaya, sehingga kita dapat mengetahui penyimpangan-penyimpangan yang terjadi selama proses pelaksanaan pembangunan.

 

Beberapa hal yang biasa terjadi akibat dari membangun rumah tanpa perencanaan dan RAB biaya:

  • Pengeluaran biaya tanpa kendali, sehingga sulit mengontrol penggunaan bahan dan biaya tenaga kerja, yang bisa mengakibatkan pemborosan biaya sehingga biaya membangun menjadi bengkak dan mahal.
  • Dana habis sebelum bangunan selesai. Hal ini sering terjadi pada pekerjaan yang dilaksanakan dengan cara harian yang disebabkan owner tidak membuat RAB dan mengira dengan biaya yang sudah ada mencukupi dengan berpedoman kepada tetangga yang baru membangun rumah.
  • Model dan kualitas bangunan tidak memuaskan, sebab pekerja bangunan dalam melaksanakan pekerjaan tanpa pedoman gambar dan hanya semata-mata mengikuti keinginan owner, begitu atau begini.
  • Banyak terjadi pekerjaan yang sudah selesai dibongkar karena setelah jadi tidak sesuai dengan selera owner, akibatnya terjadi pembengkakan biaya.
  •  

    Itulah diantara akibat dari membangun rumah tanpa perencanaan dan rencana anggaran biaya (RAB). Sara dari penulis, sekecil apapun membangun sebuah rumah harus berdasarkan gambar perencanaan dan anggaran biaayanya atau RAB-nya jelas.




 

www.softwarerab.com