Adukan Beton Campuran 1 Semen : 2 Pasir : 3 Koral


Adukan beton dengan perbandingan campuran 1 semen : 2 pasir : 3 koral atau split merupakan adukan yang sudah umum dipergunakan pada bangunan-bangunan, baik bangunan proyek maupun bangunan rumah tinggal. Adukan beton dengan perbandingan campuran tersebut digunakan untuk pekerjaan struktur seperti pondasi plat beton, beton sloof, beton kolom, dan balok beton. Untuk pekerjaan non struktur misalnya untuk plat lantai beton, topi-topi di atas jendela, dak teras, dan lain-lain.

cara baik mengaduk beton

Agar beton yang dihasilkan kokoh, kuat, dan berkualitas, maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan, sebagai berikut:

Takaran campuran harus benar, jangan asal-asalan

Buatlah takaran yang tepat dengan membuat kotak dari papan kayu yang berisi 1 zak semen. Atau menggunakan kaleng galon cat tembok, biasanya 1 zak semen ukuran 50 kg isinya adalah 2 kaleng bekas cat. Dengan menggunakan takaran yang berisi 1 zak semen, maka kalau akan mengaduk beton yang ditakar cukup pasir dan koral, sedangkan semen sudah diketahui = 2 kaleng. Jadi untuk 1 zak semen tinggal menambahkan 4 kaleng pasir beton ayak dan 6 kaleng koral yang berkualitas untuk setiap kali mengaduk akan menghasilkan adukan dengan perbandingan 1 : 2 : 3.

Cara membuat adukan

Cara membuat adonan adukan beton yang paling baik adalah menggunakan mesin beton molen, dan hasilnya pasti bagus sebab prosess pengadukan berlangsung sempurna dan konsisten, juga air tidak akan berceceran. Kalau akan mengaduk cara manual, maka sebelumnya harus membuat tempat mengaduk dengan pasangan bata yang bagian bawah dan pinggirnya diplester agar air tidak kemana-mana. Penggunaan air harus tepat. Per m3 adukan diperlukan air kurang lebih 215 liter. Sedangkan untuk mendapatkan 1 M3 beton diperlukan 6 x mengaduk dengan cara di atas, artinya setiap kali mengaduk memerlukan air 215 liter dibagi 6, atau kurang lebih 35 liter. Kebayakan air, kebanyakan atau kekurangan semen akan mengakibatkan permukaan beton retak retak. Tanda adukan kebanyakan air ketika mengecor terlihat air semen meluap ke atas, dan agregat pasir dan koral akan tenggelam dan kekurangan semen.

Memadatkan cor beton

Ketika mengecor beton harus dilakukan pemadatan yang baik, yaitu dengan cara ditusuk-tusuk menggunkan kayu atau besi agar beton yang dihasilkan padat tidak ada rongga alau lubang-lubang pada beton, atau menggunakan mesin khusus jika pekerjaan pengecoran cukup besar.

Agar pelaksanaan pengadukan dan pengecoran adukan beton dapat dilaksanakan seperti ketiga point di atas, diperlukan tukang-tukang bagunan yang baik dan mentaati perintah pelaksana, serta pengawasannya harus benar-benar dilakukan dengan baik.

Baca posting terkait : Cara Membuat Adukan Beton Berkualitas




 

www.softwarerab.com