Gbr A1. Desain Renovasi Rumah Type 21, 2 Lantai


Inilah desain rumah 2 lantai type kecil untuk membangun baru atau renovasi rumah kpr type 21, luas tanah 60 m2, ukuran tanah 6 x 10 m.

Gambar desain rumah kpr type 21-a1-sudut

Tampak Depan

 

Dari tampak depan terlihat lahan semua habis digunakan untuk bangunan, hanya tersisa untuk teras selebar 1,5 meter.

Gambar desain rumah kpr type 21-a1 denah bawah

Denah Bawah

 

gambar desain rumah kpr type 21 a1-denah atas

Denah Atas

 

Gambar desain rumah kpr type 21-a1 ruang lt1

Ruangan Lantai 1

 

Gambar desain rumah kpr type 21-a1 ruang lt2

Ruangan Lantai 2

 

Dari tata ruang lantai 2 terlihat ada 2 kamar tidur, ruang keluarga, kamar mandi, dan ruang cuci jemur. Untuk penerangan dan ventilasi dapur (lt 1), maka pada ruang cuci/jemur dipasang glass box untuk penerangan, dan dipasang cerobong asap berukuran 40 x 40 x 3 m menggunakan pasangan bata merah. Dengan demikian pencahayaan alami dan ventilasi dapur cukup baik, walaupun tidak sebaik ruang terbuka ( ini memang terpaksa karena lahan sangat sempit). Asap dapur akan mengalir melalui cerobong asap, sehingga tidak mencemari ruangan lantai 2.

Tampak Atas - Atap

 

Dari tampak atas, terlihat desain atap yang saya rancang dengan kombinasi atap genting dan plat beton bertulang, sehingga konstruksi atap begitu kokoh dan kuat, dan tingkat kebocoran atap sangat minim, serta biaya pemeliharaan akan ringan. Dengan konstruksi rangka atap menggunakan baja ringan dan tutup atap dengan genting metal, maka kekuatannya dijamin puluhan tahun. Untuk menjaga agar tidak terjadi panas yang berlebih, sebelum dipasang tutup atap sangat diharuskan dipasang peredam yang berkualitas.

Untuk ventilasi ruangan, terlihat di atas ruang tangga ada ruangan yang diberi ventilasi untuk mengalirkan udara ke ruang lantai 2 bagian belakang dan ruang tangga, senhinnga sirlulasi udara antar ruangan akan sempurna.

Untuk Menjaga kesetabilan persediaan air bersih, pada atap plat beton dipasang bak penampung air dengan kapasitas 500 liter.

Desain rumah di atas sebenarnya sangat bagus jika dibangun di atas tanah 6 x 12 m (KPR type 21/72), atau di atas tanah 6x 15 m (KPR type 21/90), sebab akan memiliki halaman terbuka hijau.

Itulah desain rumah kecil 2 lantai dengan ukuran tanah 6 x 10 m atau lebih yang sangat simpel, sehat, dan memiliki jumlah ruangan yang memadai untuk keluarga kecil. Untuk menghitung kebutuhan biaya membangun desain rumah di atas, Anda dapat menggunakan alat bantu Software RAB.




 

www.softwarerab.com